Gangguan Kesehatan yang Sering Muncul Setelah Lebaran

Opor ayam, rendang daging, aneka kue kering, dan camilan manis lainnya merupakan makanan khas lebaran yang tak bisa ditolak. Karena saat hari raya lebaran kita cenderung mengonsumsi makanan apapun yang tersaji di meja. Wajar saja karena hari raya memang identik dengan makan-makan bukan? Namun beberapa orang banyak yang ‘khilaf’ dengan mengonsumsi apapun makanan tinggi kalori saat lebaran. Oleh karena itu beberapa gangguna kesehatan di bawah ini kerap menyerang setelah hari raya lebaran. Apa saja? 
 
1. Magg Kambuh 
 
Makanan bersantan seperti opor ayam, rendang, dan juga lauk pauk lainnya rasanya memang lezat dan nikmat. Namun, jika kita mengonsumsinya dengan berlebihan bisa-bisa gangguan kesehatan seperti maag mengganggu lebaran sahabat hawa. Nah, oleh sebab itu konsumsi makanan lebaran dengan secukupnya dan imbangi dengan jus buah atau sayuran pelengkap lainnya. 
 

 
2. Kolesterol Naik
 
Makanan tinggi kalori khas lebaran banyak mengandung kalori tinggi seperti santan dan juga daging sapi. Jika kamu mengonsumsi jenis makanan ini secara berlebihan, maka bukan tidak mungkin kolesterol akan naik. Gejala seperti pusing di belakang kepala merupakan salah satu gejala umum yang dirasakan saat kolesterol naik. 
 
3. Kelelahan 
 
Saat lebaran bisa dibilang hari yang paling sibuk karena kamu harus berkeliling untuk silaturahmi ke seluruh sanak saudara. Belum lagi meneriman banyak tamu berdatangan di rumah, menyiapkan makan, minum dan membereskan rumah yang berantakan bisa membuat tubuh kelelahan. 
 
4. Radang Tenggorokan dan Flu 
 
Selama bulan ramadhan hingga lebaran tubuh kita hampir tidak berolahraga dan mengonsumsi makanan kurang sehat saat berbuka puasa. Hal ini yang menyebabkan tubuh mudah terserang virus sehingga kekebalan tubuh berkurang dan mudah terkena flu. Selain itu seringnya mengonsumsi berbagai jenis minuman dingin saat lebaran juga membuat kita mudah terkena radang tenggorakan. 
 

 
Agar terhindar dari gangguan kesehatan di atas, jangan sampai ‘khilaf’ mengonsumsi makanan yang berlemak ya sahabat Hawa. 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s