Mau Tahu Jumlah Kalori di Makanan Khas Lebaran?

Menu makanan lebaran memang sangat identik dengan yang berkuah santan, gurih, asin, dan juga banyak yang menggunakan daging sapi sebagai bahan utamanya. Makanan yag kita konsumsi selama lebaran semuanya cenderung banyak mengandung lemak dan kalori yang bisa meningkatkan risiko kolesterol dalam tubuh. Makanan-makanan khas lebaran ini juga memiliki kandungan kalori yang cukup tinggi lho.
 
Misalnya saja opor ayam yang kaya akan kuah santan ini ternyata memiliki kandungan kalori yang sangat tinggi, yakni 203 kalori untuk ukuran 100 gramnya. Selain itu, makanan lain yang bisa ditemui di Hari Lebaran adalah makanan khas Minang, yakni rendang. Rendang yang terbuat dari daging sapi ternyata memiliki kandungan 193 kalori untuk setiap 100 gramnya.
 
Makanan khas lebaran lainnya, yakni sambal goreng hati yang terbuat dari bahan kentang, hati, atau bahkan terkadang dicampur dengan telur puyuh ini memiliki kandungan kalori yang juga cukup tinggi, yakni 163 kalori untuk setiap 100 gramnya. Sementara itu, semur daging yang nikmat untuk dijadikan lauk juga memiliki kandungan 132 kalori untuk setiap 100 gramnya.
 

 
Tanpa kita sadari bahwa makanan khas hari lebaran ternyata memiliki kandungan kalori tinggi sehingga jika kita mengkonsumsinya terlalu banyak, dikhawatirkan kita akan mengkonsumsi kalori terlalu banyak dan pada akhirnya memicu kolesterol tinggi, hipertensi, hingga penyakit diabetes. Ada baiknya sahabat hawa pandai-pandai menata pola makan dan membatasi asupan lauk-lauk khas Hari Lebaran tersebut demi kesehatan tubuh kita.
 
 
 
 
 
Sumber: Doktersehat

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s