Jika Mengalami 5 Gejala Ini? Artinya Kamu Harus Istirahat!

Sebagai perempuan yang aktif, Sahabat Hawa terbiasa melakukan aktivitas dari mulai rapat di pagi hari, bekerja di kantor hingga sore, dan berolahraga hingga malam hari. Artinya, kamu hanya memiliki waktu untuk beristirahat menjelang tidur malam. Jika terus-menerus dilakukan, maka tubuh kamu akan ‘berteriak’ dengan caranya sendiri. Berikut ini adalah tanda-tanda yang menunjukkan bahwa sudah saatnya kamu beristirahat.
 
1. Mudah Terkena Penyakit
Tubuh butuh beristirahat. Jika terlalu diforsir, kondisinya akan menurun. Misalnya, exercise yang berlebihan dapat menyebabkan nyeri otot. Padahal, menurut penelitian dari Rice University, Texas, AS, sebaiknya otot diberi waktu istirahat hingga 48 jam setelah melakukan olahraga berat. Tak hanya otot, jika badan juga setiap hari digunakan untuk beraktivitas tanpa istirahat yang cukup, maka kondisi tubuh pun akan drop dan kamu akan mudah terkena virus, seperti flu.
 

 
2. Sering Cepat Merasa Lelah dan Mood yang Tidak Menentu
Tanda lainnya bahwa kamu terlalu memaksakan diri adalah depresi dan moody. Biasanya, hal ini terjadi bukan hanya karena masalah fisik, tetapi juga karena otak kamu diajak berpikir terlalu keras. Ketika kamu merasakan hal tersebut, ada baiknya kamu berhenti sejenak dari kesibukan dan beristirahat.
 
3. Detak Jantung Tidak Normal
Salah satu cara terbaik untuk mengukur kapan tubuhmu perlu istirahat adalah dengan memeriksa denyut jantung. Usahakan untuk mengecek denyut jantung kamu di pagi hari saat bangun tidur, bisa dengan menggunakan dua jari tengah yang diletakkan di leher atau dengan mengecek lewat pergelangan tangan bagian bawah. Denyut jantung normal saat istirahat untuk orang dewasa berkisar 60-100 kali per menit.
 
4. Air Seni Berwarna Kuning Kecokelatan
Salah satu indikasi yang paling mudah dilihat apakah kamu masih bisa melanjutkan aktivitas atau membutuhkan istirahat adalah dengan mengecek warna urin. Ketika air senimu berwarna kuning kecokelatan, tandanya tubuhmu sedang dalam kondisi yang tidak baik sekaligus sebagai penanda kalau kamu sedang terkena dehidrasi. Beristirahatlah dahulu dan jangan lupa untuk minum air mineral sebanyak mungkin.
 

 
5. Badan Kaku dan Pegal
Menurut Noam Tamir, Certified Strength and Conditioning Specialist dan pemilik TS Fitness New York City, jika tubuh kamu tidak memiliki mobilitas yang tepat, maka akan terjadi disfungsi dalam pola gerakan. Dengan kata lain, melakukan kegiatan yang sama secara berulang (lari, bersepeda, atau angkat beban) tanpa pemulihan yang tepat akan menyebabkan tubuh cedera, sehingga menjadi kaku. Tamir merekomendasikan ketika tubuhmu terasa kaku, sebaiknya beristirahat dahulu dan banyak melakukan peregangan untuk menjaga tubuh tetap lentur. 
 
 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s