Tips Memilih Bantal Hamil dan Manfaaatnya

Bantal hamil atau yang disebut maternity pillow sengaja dibuat dan di desain untuk dipakai para ibu hamil. Bantal hamil ini sangat membantu ibu hamil merasa nyaman saat tidur. Kondisi hamil membuat sulit tidur dengan posisi telentang. Nah disinilah fungsi bantal hamil yakni untuk menopang tubuh saat berbaring posisi miring. Bentuk bantal hamil biasanya memiliki bentuk huruf V dan huruf C. Namun apakah bantal hamil ini benar-benar membantu? Bagaimana cara memilihnya dan apa saja manfaat menggunakan bantal hamil? Yuk simak selengkapnya.
 

 
 
1. Membantu Menopang Tubuh
 
Biasanya bantal hamil akan membantu menopang tubuh pada bagian leher, bahu, punggung, perut, hingga kaki. Posisi setengah miring dengan bantal hamil bisa membantu mengurangi nyeri di area leher dan punggung. Bantal hamil yang ideal mampu mengurangi tekanan pada bagian punggung, tulang rusuk hingga pinggang.
 

 
2. Membantu Meningkatkan Sirkulasi Darah
 
Ketika bayi mulai tumbuh, ibu hamil direkomendasikan untuk miring ke kiri. Hal ini bukan tanpa sebab lho, Sahabat Hawa. Ini karena bantal hamil yang digunakan saat tidur miring ke posisi kiri membantu meningkatkan sirkulasi darah yang baik. 
 
3. Material Khusus
 
Bila Sahabat Hawa tengah hamil dan memiliki alergi khusus terhadap material bantal hamil sebenarnya kita bisa mencari bantal hamil dengan label hypoallergenic. Ibu hamil memang rentan terkena alergi, ruam kulit hingga masalah pernapasan. 
 
4. Membantu Menurunkan Risiko Mendengkur
 
Bantal hamil juga membuat ibu hamil dapat beristirahat dengan nyaman dan tanpa gangguan. Merubah posisi tidur dalam kondisi hamil dan dilakukan saat tidur memang menyulitkan. Nah tugas bantal hamil ini juga membantu menurunkan risiko mendengkur sehingga tidur ibu hamil jadi bebas gangguan dan terasa nyaman.
 
Lalu bagaimana sih cara mengetahui dan memilih bantal hamil yang terbaik untuk kita?
 
1.Perhatikan Sarung Bantal
Bila kehamilan semakin besar, hormon akan terus bekerja dan tentu Sahabat Hawa akan merasa berkeringat di malam hari. Keringat ini bisa saja menyerap area bantal hamil. Pilih sarung bantal yang bisa dilepas, cuci, dan pasang tentu akan menjaga kebersihan bantal hamil Anda.
 
2.Perhatikan Material Isi Bantal Hamil
Material isi dari bantal hamil sangatlah beragam. Mulai dari polyester, memory foam, bola gabus, alami/organik, hingga micro beads. Pilih mana yang paling sesuai dengan kondisi ibu hamil. Sama seperti bantal baru lainnya, bila terdapat aroma baru pada bantal hamil cobalah untuk dianginkan selama beberapa hari sebelum Sahabat Hawa menggunakannya dengan begitu aroma baru bantal akan hilang perlahan.
 

 
3.Ukuran Bantal
Pertimbangkan ukuran bantal agar disesuaikan dengan kondisi. Misalnya seberapa besar tubuh kita saat hamil hingga seberapa besar ukuran kasur kita. Jangan sampai pasangan pindah tidur di sofa hanya karena Sahabat Hawa salah memilih ukuran bantal hamil ya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s