Ini Mitos Mengenai Tidur yang Harus Kamu tahu

Tidur teratur sudah merupakan keharusan bagi setiap manusia setelah beraktivitas seharian untuk melepas lelah. Dengan tidur yang berkualitas maka akan mengembalikan energi dan membuat tubuh segar di esok hari. Tapi tahukah sahabat hawa, beberapa hal mengenai tidur di bawah ini ternyata merupakan mitos belaka lho. Apa saja?
 
1. Ngorok Itu Hal Biasa
 
Jangan anggap jika mendengkur alias ngorok saat tidur itu merupakan hal biasa dan tidak ada dampaknya bagi kesehatan tubuh manusia. Suara parau atau napas yang berat saat ngorok ini diakibatkan oleh tenggorokan yang bergetar selama tidur. Kondisi ini terjadi ketika aliran udara yang melalui hidung dan mulut terhambat. Meskipun mendengkur terdengar biasa saja, namun ngorok saat tidur bisa menjadi gejala dari sleep apnea yang dapat mengganggu kualitas tidur kamu. Sleep apnea merupakan jenis penyakit gangguan tidur yang bisa mengganggu pernapasan seseorang. 
 

 
2. Waktu tidur dapat ‘Dijamak’
 
Tidur dengan kualitas baik yakni sekitar 7-8 jam untuk mengembalikan energi dan membuat tubuh segar di pagi hari. Namun karena kesibukan atau hobi begadang membuat beberapa orang memiliki kualitas tidur yang buruk, sekitar 3-4 jam saja. Sehingga, sering kali saat seseorang memiliki waktu luang, ia akan “menjamak” atau menumpuk utang tidur. Namul hal tersebut merupakan salah kaprah, karena kondisi tubuh tidak bisa ‘diperlakukan’ seperti itu. Selain itu tidur terlalu banyak juga tidak baik. 
 

 
 
3. Alkohol Akan Membuat Tidur Lebih Nyenyak
 
Buat beberapa orang, alkohol mungkin bisa jadi obat tidur yang baik. Namun, minuman beralkohol seperti anggur mencegah tubuh untuk memproduksi melatonin yang merupakan zat penting untuk tidur berkualitas. Selain itu jika sering mengonsumsi alkohol secara berlebih juga dapat mengganggu kesehatan tubuh dan memperparah kesehatan kamu di masa yang akan datang. 
 

 
4. Saat tidur, Otak Juga Beristirahat
 
Perlu diketahui bahwa saat tidur, otak kamu akan tetap aktif. Hal ini karena otak akan “diisi ulang” alias di-charge selama proses tidur, dan otak masih dapat memproses informasi dan masih bertugas dalam mengontrol banyak fungsi tubuh termasuk pernapasan.
 

 
 
Nah, jangan sampai salah kaprah ya sahabat Hawa. 
 
 
 

Satu pemikiran pada “Ini Mitos Mengenai Tidur yang Harus Kamu tahu

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s