Ini Penjelasan Seputar Seks Saat Menstruasi VS Kehamilan

Meski tidak cukup lazim, ada saja yang melakukan hubungan seksual saat sedang masa menstruasi. Muncul anggapan bahwa melakukan seks dalam keadaan menstruasi tidak menyebabkan kehamilan. Tapi yang harus pada Sahabat Hawa ketahui adalah anggapan bahwa tidak sepenuhnya benar. Seorang perempuan tetap bisa hamil meski bercinta saat menstruasi loh, meski kemungkinannya kecil.

Namun perlu diingat bahwa berhubungan seks saat menstruasi sangat tidak sehat, karena bisa saja kotoran atau bakteri bisa masuk ke dalam serviks. Hal ini bisa saja terjadi, karena saat sedang menstruasi, serviks terbuka lebih lebar.

 

Jika seseorang memiliki siklus pendek seperti 21 hari dan menstruasi berlangsung seminggu. Maka seseorang yang berhubungan seks mendekati akhir menstruasi maka ada kemungkinan untuk hamil, karena sperma dapat hidup hingga 72 jam di dalam saluran reproduksi.

Beberapa perempuan diketahui memiliki jangka waktu yang tumpang tindih antara jadwal haid dengan awal ovulasi (masa subur). Hal ini berarti seseorang bisa berada pada masa subur meski sedang dalam fase menstruasi. Sebagian besar perempuan memiliki masa menstruasi selama 2-8 hari dan siklusnya berlangsung setiap 26-34 hari. Menstruasi yang belum selesai, ovulasi yang sudah dimulai, dan sperma yang telah masuk area rahim perempuan memungkinkan terjadinya pembuahan dan berujung kepada kehamilan.

 

Perhatian sebaiknya diberikan bukan atas dasar kemungkinan kehamilan seorang perempuan yang melakukan hubungan seksual dalam masa menstruasi. Perhatian lebih ditekankan kepada aspek kesehatan peredaran darah. Dalam periode menstruasi, sejumlah besar darah dikeluarkan, bukti bahwa terdapat pembuluh darah yang terbuka. Penetrasi ke miss-V memicu masuknya gelembung udara ke dalam pembuluh darah yang terbuka dan terbawa ke jantung. Selain atas keluhan pada pembuluh darah, hubungan seksual dalam masa menstruasi dapat menciptakan rasa sakit yang tidak menyenangkan sehingga sebaiknya hubungan seksual ditunda beberapa hari berikutnya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s