Sulit BAB Saat Bepergian? Lakukan 4 Hal Ini

Apakah kamu sering sulit BAB saat sedang bepergian? Kamu tidak sendiri! Bukan hal yang aneh jika kamu mengalami konstipasi selama bepergian. Rutinitas yang terganggu, rasa cemas berada di lingkungan asing, jet lag, serta perubahan pola makan menyebabkan perutmu merasa penuh dan tak nyaman. Berikut beberapa tips yang dapat membantu Sahabat Hawa, BAB rutin selama bepergian sehingga perjalanan kamu lebih menyenangkan:
 
1. Makan dengan benar
 
Saat bepergian kita cenderung ingin mencoba segala kuliner yang ada di tempat kunjungan. Hal ini wajar, namun sebaiknya kita mengonsumsi makanan yang serupa dengan makanan yang biasa kita makan sehari-hari. Bila kamu takut kesulitan menemukan makanan tersebut, siapkanlah snack dari rumah. Jangan lupa konsumsi sayuran dan buah-buahan berserat.
 

 
2. Konsumsi Banyak Air Mineral
 
Selama bepergian, seringkali kita mengonsumsi soda. Minuman tersebut dapat mengganggu sistem pencernaan kamu. Bila kamu mengonsumsi minuman tersebut, pastikan kamu mengonsumsi lebih banyak lagi air mineral agar sistem pencernaan tetap bekerja dengan lancar.
 
3. Bergerak
 
Olahraga ringan seperti berjalan, hiking, berenang, yoga, dan bersepeda dapat kamu lakukan selama bepergian jika kamu menyempatkan waktu. Selain membantu sistem pencernaan bekerja dengan baik, bergerak dapat meningkatkan kualitas istirahat kamu. Terutama jika kamu bepergian dengan tujuan relaksasi diri.
 
 
4. Lakukan Secara Rutin
 
Walaupun kamu bepergian dalam waktu yang singkat, melakukan langkah 1, 2, 3 bukan tidak mungkin. Dengan melakukan rutinitas, BAB kamu pun dapat dilakukan secara rutin.
 
5. Inhale, exhale, ulangi
 
Selama bepergian kamu mungkin dibayangi oleh berbagai kondisi yang stressful, kondisi yang mengganggu kerja sistem pencernaanmu. Walaupun beberapa hal tidak dapat dicegah, namun perencanaan yang baik dapat meminimalkan kemungkinan-kemungkinan buruk yang membuat dirimu stres. Mandi air hangat, pijat, dan yoga dapat membantumu melupakan sejenak segala hal yang membuat stres tersebut. Menarik napas panjang dan menghembuskannya mungkin merupakan cara termudah dan tercepat untuk menghilangkan stres.
 

 
 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s