Sudah Tahu Belum? Ini 9 Vitamin Penting Buat Bumil

Setiap orang ingin yang terbaik untuk bayi mereka namun banyak orang mengabaikan pentingnya mengonsumsi beraneka ragam makanan dan minumam yang dibutuhkan oleh sang ibu dan janinnya agar memperoleh kehamilan yang sehat. Ini penting dipahami bahwa tanpa jenis makanan dan zat gizi yang tepat selama kehamilan, sang ibu dapat melahirkan bayi yang tidak sehat yang dikemudian hari dapat berdampak pada tidak tercapainya potensi penuh dalam hidupnya.
 
Berikut ini adalah zat gizi yang dibutuhkan oleh ibu hamil :
 
1. Zat Gizi Makro
Energi yang cukup diperlukan selain untuk memenuhi kecukupan kebutuhan ibu juga untuk pertumbuhan dan perkembangan janin. Kebanyakan ibu hamil membutuhkan tambahan energi pada trimester kedua. Energi diperoleh dari karbohidrat, lemak, dan protein yang terdapat dalam makanan dan minuman yang kita konsumsi, namun sebaiknya sumber energi itu berasal dari sumber karbohidrat makanan seperti nasi, kentang, mie, jagung, roti, biji bijian, buah dan sayur. Protein dibutuhkan untuk pertumbuhan, perbaikan jaringan, dan mengganti sel yang mati, selama kehamilan kebutuhan protein meningkat. Protein dapat diperoleh dari dua sumber yaitu dari hewan, telur dan susu yang disebut protein hewani dan protein nabati yang diperoleh dari kacang kacangan, tahu, tempe dan kedele.
 

 
2. Serat
Fungsi serat dalam makanan adalah membantu mencegah sembelit yang sering terjadi pada kehamilan. Oligosakarida adalah komponen dari serat makanan yang dapat membantu pertumbuhan bakteri baik dalam usus. Sumber serat adalah buah, sayuran, kacang kacangan, dan biji bijian utuh.
 
3. Vitamin A.
Vitamin A diperlukan untuk kesehatan mata, pertumbuhan sel dan untuk mendukung sistem imun. Kebutuhan vitamin A pada wanita hamil sekitar 700 mikrogram perhari. Sumber vitamin A yang aman dalam bentuk karotenoid dapat diperoleh dari beberapa jenis buah-buahan dan sayur-sayuran sedangkan sumber vitamin A dari hewan yang baik adalah ikan. Kebutuhan harian vitamin A adalah sekitar 700 mikrogram.
 
4. Riboflavin atau vitamin B2.
Riboflavin diperlukan untuk membantu melepaskan energi dari makanan yang kita konsumsi dan penting untuk menjaga kesehatan mata dan jantung. Sumber vitamin B2 dapat diperoleh dari produk susu, telur, ikan, kacang almond dan kedele, bayam, serta gandum.
 

 
5. Asam Folat.
Asam folat sangat penting pada wanita yang mau hamil dan selama kehamilan muda karena dapat mencegah neural tube defect yaitu cacat lahir akibat tidak sempurnanya pertumbuhan dan perkembangan sistem tabung saraf  yang dapat berupa tidak terbentuknya tulang tengkorak atau tidak menutupnya saraf tulang belakang. Sedangkan pada kehamilan tua asam folat dapat mencegah terjadinya anemia. Sumber asam folat antara lain adalah brokoli, melon, jeruk, kacang kacangan, bayam dan tomat. Kebutuhan asam folat perhari adalah 400 mikrogram.
 
6. Kalsium.
Kalsium diperlukan untuk menjaga kesehatan tulang, sumber kalsium adalah susu dan produk olahannya, ikan salmon, telur, bayam, kacang kacangan, telur, tahu dan tempe. Kebutuhan kalsium untuk wanita hamil adalah 700 mg perhari.
 
7. Zat besi
Zat besi penting untuk produksi sel darah merah dan mengangkut oksigen ke sel. Kadar zat besi yang rendah selama kehamilan dikaitkan dengan berat bayi lahir rendah dan lahir prematur. Sumber zat besi yang baik adalah daging merah, ikan, kacang dan biji bijian serta sayuran berdaun. Kebutuhan zat besi adalah 14,8 mg perhari.
 

 
8. Yodium
Yodium membantu mengatur metabolisme tubuh, kekurangaan asupan yodium selama kehamilan retardasi mental. Sumber yodium adalah susu dan hasil olahannya, telur, dan ikan. Kebutuhan yodium untuk wanita hamil adalah 140 mikrogram perhari.
 
9. Zink
Zink berperan dalam memproduksi enzim dan insulin serta membantu pembentukan organ bayi, otot, saraf, dan sistem sirkulasi darah. Sumber zink dalam makanan adalah daging, telur, susu dan kacang kacangan. Kebutuhan zink pada wanita hamil adalah 7 mg perhari.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s