Apakah Kamu Sudah Melakukan Pap Smear?

Apa itu Pap smear?

Pap smear merupakan sebuah langkah uji kesehatan yang dianjurkan untuk dilakukan oleh kaum hawa agar bisa mendeteksi ada tidaknya gangguan pada leher rahim yang dekat dengan kanker serviks. Pada saat melakukan prosedur pap smear, area kewanitaan yang biasa diperiksa adalah sel-sel dari leher rahim hingga panggul. Prosedur pap smear memberikan hasil medis tentang keberadaan virus papiloma yang menyebabkan kanker serviks dengan deteksi dini sehingga kamu bisa mengambil langkah selanjutnya jika ada masalah kesehatan, sebelum terlalu parah.

Siapa yang harus melakukan pap smear?

Perempuan yang setidaknya sudah berusia 21 tahun atau sudah aktif berhubungan seksual sebaiknya melakukan prosedur pap smear. Karena biasanya di usia itu alat reproduksi pada perempuan sudah berkembang sempurna. Kamu juga bisa melakukan pengecekan lebih awal loh Sahabat Hawa jika memang ada riwayat keturunan kanker serviks dari ibu atau jika kamu memiliki gaya hidup sering berganti pasangan.

Pap smear sebaiknya tidak dilakukan oleh perempuan yang belum pernah melakukan hubungan seksual sama sekali. Karena pemeriksaan pap smear adalah memasukkan alat pemeriksaan ke rongga vagina. Para dokter meyakini pada usia di atas 30 tahun, perempuan lebih berisiko terkena kanker serviks. Jadi perlu dilakukan tes pap smear secara teratur.

Biasanya dokter akan menganjurkan pemeriksaan dilakukan minimal setahun sekali. Kamu yang mau melakukan pemeriksaan pap smear bisa langsung berkunjung ke klinik khusus perempuan atau ke rumah sakit.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s