Lakukan Ini Agar Kamu Akur Terus dengan Ibu Mertua

Bagi Sahabat hawa yang baru saja menikah dan masih harus tinggal dengan mertua. Mertua adalah sosok orang tua yang baru bagi kamu sehingga kamu harus memperlakukannya seperti orang tua sendiri. Karena itu terkadang kamu tidak memahami karakter ibu mertua sehingga perlu adanya pendekatan yang lebih dalam lagi. Apalagi dengan adanya predikat mertua yang terdengar menakutkan dan tidak pernah akur dengan menantu perempuan.

Sebenarnya bukan tidak mungkin kalau kamu bisa cocok dengan mertua, karena mertua tidak semenyeramkan itu loh. Sama seperti ibu sendiri, mertua perempuan juga sosok yang baik dan menyenangkan. Selain itu, jika kamu mampu memahami mertua, maka hubungan yang terjalinpun akan sangat baik dan jauh dari kata pertengkaran. Untuk menghindari pertengkaran seperti, ada baiknya kamu melakukan hal-hal berikut ini agar hubungan erat antara kamu dan suami berlangsung sangat kuat dan tidak menjauh sehingga kamu akan disayangi oleh mertua.

  1. Jangan Membesar-Besarkan Masalah

Karena usia yang semakin tua dan bisa saja disebabkan oleh banyaknya masalah, terkadang mertua meluapkan emosi yang tidak terkontrol pada siapa saja termasuk kamu. Kondisi seperti ini sudah seharusnya kamu tanggapi dengan dewasa agar tidak terjadi permasalahan yang lebih besar. Biarkan dulu mertua kamu meluapkan emosi, ketika sudah reda, kamu dapat meminta maaf dan berikan senyum tulus serta pelukan hangat kepadanya. Dengan cara ini dijamin mertua akan jauh lebih senang dan bisa lebih menyayangi kamu. Tidak perlu melaporkan kejadian ini kepada suami karena kamu dapat menyikapinya sendiri tanpa harus meminta bantuan suami.

  1. Membuat Batasan-Batasan

Pada saat kamu megunjungi rumah mertua, kamu sebaiknya memiliki batasan-batasan sehingga kamu dan mertua serta penghuni rumah lainnya saling menghormati dan sopan. Karena bagaimanapun juga, kamu adalah orang baru dalam rumah itu dan tidak terlalu memahami kebiasaan dirumah tersebut. Diskusikanlah dan tanyakanlah kepada suami apa saja yang harus dilakukan dan apa saja yang tidak boleh dilakukan. Jika perlu, kamu dapat menanyakan langsung kepada mertua kamu dengan sopan dan tetap hormat.

  1. Bersikap Aktif

Terkadang ada mertua yang jaga diri dengan tidak meminta bantuan kepada orang lain pada saat melakukan sebuah kesibukan. Pada situasi seperti ini, kamu dapat menawarkan jasa yang dapat kamu lakukan agar dapat membantu mertua kamu. Jangan lupa dengan selalu tersenyum dan memberikan rasa hormat seperti kamu berbicara dengan orang tua sendiri. Perlu kamu tahu, bahwa semakin sering kamu membantu mertua, maka kepercayaan diri dan komunikasi pun akan berjalan dengan sangat baik dan akan sangat baik pula untuk hubungan kamu.

 

ads 8a

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s