Sudah Tahu Belum? Ini Batasan Telat Haid yang Normal

Pada umumnya, seorang wanita memang akan datang bulan dengan siklus normal yang berkisar antara 21 hingga 35 hari. Namun banyak wanita yang bingung dan khawatir ketika mereka mengalami telat haid 3 hari, satu minggu atau dua minggu. Kebanyakan wanita tidak mengetahui sebenarnya berapa lama waktu terlambat haid yang masih bisa dikatakan normal. Lantas berapa lama waktu terlambat haid yang masih bisa terbilang wajar atau normal?
Perlu sahabat Hawa ketahui, siklus haid wanita sangat bervariasi dan rata -rata ber berjarak 28 hari, telat haid 1 bulan, namun bisa juga sampai 42 hari. Jika sampai terjadi keterlambatan pun, batas telat haid yang terjadi misalnya sampai 3-4 bulan, juga tak perlu terlalu dikhawatirkan. Akan tetapi kamu juga tidak membiarkan begitu saja jika hal tersebut terjadi, karena ada baiknya sahabat Hawa segera memeriksakan ke dokter spesialis jika sudah mengalami telat haid selama berbulan-bulan. Bagi sahabat hawa yang sudah sering mengalami telat haid selama berbulan-bulan disarankan untuk memerhatikan batas normal telat haid agar bisa dilakukan penanganan yang tepat oleh dokter spesialis.
Apa yang Menyebabkan Haid Datang Terlambat? 
1. Stres
Faktor psikologi seperti stres atau depresi bisa jadi ‘penyumbang’ penyebab haid kamu datang terlambat. Hal ini karena kertika stres datang hormon dan bagian otak yang bertugas mengatur siklus haid, yaitu hipotalamus, akan terganggu. Selain itu, berat badan bisa naik atau turun secara drastis sebagai akibat dari stres. Itu semua dapat memengaruhi siklus haid.
stress woman
2. Obesitas
Berat badan berlebih bukan tidak mungkin bisa memicu perubahan hormonal pada wanita. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa wanita dengan indeks massa tubuh 25 – 30, atau lebih dari 30, memiliki risiko tinggi mengalami menstruasi terlambat. Oleh sebab itu olahraga secara rutin dan diet sehat agar berat badan berada dalam ukuran ideal. Hal ini bertujuan untuk melancarkan siklus haid kamu.
feet-on-a-scale_1301-27
3. Berat badan turun
Haid datang terlambat kemungkinan dialami oleh perempuan dengan gangguan makan, seperti anoreksia atau bulimia. Nah, jika berat badanmu terlalu kurus, maka fungsi tubuh akan terganggu dan ovulasi (proses di mana salah satu indung telur melepaskan sel telur) pun terhenti. Mengobati gangguan makan dan menaikkan berat badan secara sehat dapat mengembalikan siklus haid yang normal.
4. Hormon prolaktin berlebih
Terlambat haid bisa juga disebabkan oleh produksi hormon prolaktin yang tidak normal. Hormon yang dihasilkan di kelenjar pituitari ini akan meningkat pada masa menyusui, namun bisa juga terjadi akibat kondisi medis tertentu, misalnya penyakit ginjal dan tumor kelenjar pituitari di otak. Peningkatan hormon prolaktin ini dapat memengaruhi kinerja hormon lain yang berperan dalam proses haid, yaitu estrogen dan progesteron.
5. Sindrom ovarim polikistik (polycystic ovary syndrome/PCOS)
PCOS merupakan suatu kondisi di mana terdapat kelainan pada hormon dan sistem metabolisme sehingga fungsi indung telur terganggu. Kondisi ini dapat menyebabkan menstruasi terlambat atau tidak menstruasi sama sekali, dan dapat memengaruhi kesuburan. Penyebab kondisi ini belum diketahui secara pasti, namun diduga PCOS berhubungan dengan kondisi lain, seperti resistensi insulin dan sindrom metabolik. Selain mentruasi terlambat, gejala PCOS lainnya adalah jerawat, berat badan meningkat, sulit mendapat keturunan, serta tumbuh rambut berlebih di wajah, dada, dan perut.
Sumber: Dokter Sehat & Alodokter

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s