Ini 4 Tanda Kalau Kulit Kamu Sudah Tidak Sehat

Kulit wajah yang sehat menjadi dambaan setiap kaum hawa. Tak jarang berbagai cara dan perawatan dilakukan agar kulit wajah senantiasa sehat. Sebenarnya lebih dari sehat, kebanyakan perempuan juga mendambakan kulit wajah yang bersih, segar, dan cerah. Berbagai produk skincare lokal hingga dari luar pun diburu demi mendapatkan kulit wajah sehat sesuai yang diinginkan. Sebelum memilih skincare yang cocok di kulit wajah, kenali lebih dulu jenis kulit wajah kita. Hal lain juga perlu untuk mengetahui tanda-tanda apa saja yang menggambarkan kulit wajah tidak sehat. Berikut informasi lengkapnya.
 
1. Muncul Jerawat
 
Timbulnya jerawat seringkali dikaitkan dengan masalah hormonal. Terutama bila Sahabat Hawa tengah menjelang PMS. Namun bila diluar masa tersebut jerawat juga kerap muncul, ini merupakan tanda bahwa kulit wajah tidak sehat. Jerawat muncul akibat dari tersumbatnya kotoran dan sebum (merupakan zat yang diproduksi kelenjar minyak untuk mencegah kulit dari kekeringan). Penyebab jerawat selain masalah hormon, juga karena masa pubertas, efek samping penggunaan make up, kosmetik, dan skincare yang tidak cocok, kurang mampu manajemen stres, kecanduan rokok, hingga faktor keturunan.
 

 
2. Kulit Kering
 
Jika Sahabat Hawa memiliki jenis kulit kering, patut waspada dan harus lebih perhatian dengan kulit wajah. Kulit wajah yang kering membutuhkan pelembap ekstra. Untuk mengatasi kekeringan yang dapat berlanjut membuat kulit wajah bersisik, pilihlah produk yang mengandung hyaluronic acid. Perhatikan selalu untuk menggunakan pelembap setiap usai mandi pagi maupun sore. Rutin menggunakan day dan night cream sangat dianjurkan agar kulit tetap terawat.
 
3. Muncul Flek Hitam
 
Kemunculan flek hitam mungkin tidak kita sadari. Flek hitam dan kulit wajah yang tidak merata diakibatkan oleh paparan sinar ultraviolet (UV) langsung pada kulit wajah. Perlindungan pada kulit wajah dari sinar matahari berlebih sangat penting. Gunakan selalu suncreen, sun protector, atau pelembap yang mengandung SPF. Penggunaan SPF sangat disarankan terutama bila Sahabat Hawa banyak melakukan aktiftas diluar ruangan yang lebih berpotensi terpapar sinar matahari langsung. Bila penggunaan krim SPF tidak dilakukan tentu akan menimbulkan flek hitam dan warna kulit yang tidak merata hingga kusam.
 

 
4. Kulit Gatal & Kasar
 
Kulit yang sensitif, mudah gatal, dan bertekstur kasar merupakan ciri kulit tidak sehat. Biasanya pemilik kulit sensitif ini karena perubahan cuaca yang dingin dan ekstrim atau terlalu lama terkena paparan sinar matahari langsung dengan durasi yang lama dan cukup sering. Selalu gunakan pelembap yang mengandung SPF. Bila kulit wajah terasa kasar dan mengelupas, rutinlah menggunakan toner dengan kandungan AHA (Alpha Hydroxy Acid) untuk membersihkan wajah dan terhindar dari tersumbatnya pori-pori. Karena pori-pori yang tersumbat akan mudah timbul jerawat dan membuat wajah kusam.
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
Sumber: meetdoctor, alodokter, okezone
 
 
 
 
 
 
 
 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s