Apa Iya Berjerawat Tanda Hamil Anak Laki-laki?

Memiliki anak berjenis kelamin sesuai yang diinginkan pasti menjadi harapan setiap pasangan. Bila sudah mendapatkan anak pertama berjenis kelamin perempuan, tak jarang pasangan berharap anak keduanya berjenis kelamin laki-laki. Namun berbagai tanda hamil anak laki-laki belum tentu benar. Bisa saja ciri dan gejala fisik yang ditimbulkan setiap ibu hamil berbeda. Artinya bisa saja tanda fisik pada tubuh yang mengklaim hamil anak laki-laki hanya bagian dari mitos. Namun benarkah wajah berjerawat merupakan tanda bahwa hamil anak laki-laki?
 
1. Kondisi Kulit
 
Selama masa hamil perubahan hormon di tubuh ibu hamil normal saja terjadi. Sebagian besar pengaruh hormon yang meningkat akan merangsang adanya perubahan pigmentasi pada kulit. Kondisi perubahan kulit ini terjadi di beberapa area seperti area putting, ketiak, leher, perut, bahkan hingga wajah. Kaitan apakah jerawat timbul ketika hamil anak laki-laki tidak dapat dibuktikan secara medis. Dilansir Nakita, seorang professor dermatologi di Mayo Medical School, Amerika Serikat, Lawrence E Gibson mengatakan bahwa jerawat yang muncul dikala hamil disebabkan oleh hormon dan produksi minyak yang berlebih. Artinya hamil anak laki-laki maupun perempuan, potensi timbul jerawat saat hamil tetap ada.
 

 
2. Sering Mual = Hamil Anak Laki-Laki
 
Dilansir today.com, hasil studi University of Wroclaw, Polandia menyatakan bahwa ibu hamil anak laki-laki akan lebih berpotensi mengalami mual di trimester pertama khususnya di bulan pertama dan kedua masa kehamilan. Penelitian yang diungkap dalam jurnal Physiology and Behaviour juga mengatakan hal serupa. Ibu hamil anak laki-laki seringkali menolak makanan bahkan hingga makanan favoritnya.
 
3. Denyut Jantung Ibu Hamil
 
Terkadang banyak orang mengaitkan bahwa denyut jantung ibu hamil dibawah 140/menit sedang hamil anak laki-laki. Sementara bila denyut jantung ibu hamil diatas 140 per menit artinya hamil anak perempuan. Meski pernyataan ini seperti terlihat ilmiah, sejauh ini belum ada penelitian yang membuktikan ciri hamil anak laki-laki maupun anak perempuan dideteksi dari denyut jantung ibu hamil. 
 

 
 
Mitos seperti ini terus berkembang seiring waktu namun sebagai ibu hamil tetap perlu berkonsultasi dengan dokter spesialis kandungan. Biasanya dokter spesialis kandungan akan dapat mendeteksi jenis kelamin bayi menggunakan USG (2D, 3D, maupun 4D) di usia kehamilan 16-20 minggu. Namun paling baik mendeteksi jenis kelamin diatas usia kehamilan 28 minggu. Hal ini karena bila hamil anak laki-laki sudah mulai terlihat skrotum/kantong kemaluan sementara bila hamil anak perempuan mulai terlihat labia/tanda 3 garis.
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
Sumber: meetdoctor, kumparan, alodokter, nakita, vemale
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s