Ini Penyebab Jerawat Bibir yang Sering Muncul

Jerawat bibir seringkali muncul sehingga menggangu penampilan dan juga kenyamanan setiap kali sedang makan dan juga memakai lipstik. Meskipun pada umumnya jerawat bibir berukuran kecil, namun tidak jarang menimbulkan rasa sakit yang begitu menyiksa. Sebenarnya apa sih penyebab jerawat bibir yang sering banget tumbuh? Ini alasannya!
 
 
1. Kulit Berminyak 
 
Faktor kebersihan wajah menjadi alasan utama tumbuhnya jerawat di bibir. Bagi Anda yang memiliki kelenjar sebasea lebih aktif dibanding lainnya, cenderung akan memiliki wajah lebih berminyak dan lebih mudah terkena jerawat di wajah, termasuk di area bibir.
 
Kelenjar sebasea sendiri merupakan kelenjar mikroskopis pada jaringan kulit yang bertugas mengeluarkan sebum (minyak) ke wajah dan kulit kepala. Sejatinya, kulit membutuhkan pasokan minyak untuk menjaga kelembaban dan elastisitasnya. Namun, jika terlalu banyak dihasilkan memang dapat memicu timbulnya jerawat. Maka dari itu, ada baiknya untuk lebih rajin membersihkan wajah, ya!
 

 
2. Hormon Tidak Seimbang 
 
Ketika seorang remaja sedang berada dalam fase puber, tidak jarang dapat ditemukan jerawat yang muncul pada area sekitar bibir. Selain itu, ketidakseimbangan hormon juga sering dirasakan oleh para wanita yang sedang dalam siklus haid atau sedang mengandung. Itu mengapa area sekitar bibir Anda menjadi lokasi favorit munculnya jerawat, nih!
 
 
3. Gejala Penyakit Menular Seksual (PMS)
 
Jangan main-main, jerawat yang muncul di sekitar bibir juga bisa menjadi tanda adanya penyakit seksual yang sedang menyerang Anda, lho. Munculnya jerawat pada area ini menjadi salah satu gejala utama dari penularan Herpes Simplex Virus (HSV) atau yang lebih dikenal dengan Herpes. Sesuai dengan lokasinya, salah satu penyebab gejala PMS ini berasal dari hubungan seks dengan cara oral.
 
4. Pola makan tidak sehat
 
Pola makan yang tidak sehat, seperti makan makanan yang terlalu berminyak dan junk food dapat memicu jerawat ini. Sisa minyak yang tertinggal di sekitar mulut dapat memicu iritasi pada kulit dan rasa gatal yang berujung pada infeksi dan timbulnya jerawat. Selain itu, bagi Anda yang gemar makanan pedas juga harus waspada nih, sebab hal tersebut dapat memicu jerawat muncul di area bibir, lho.
 

 
5. Stres
 
Nyatanya, stres seringkali dihubungkan dengan munculnya jerawat pada wajah. Para ilmuwan percaya bahwa hormon stres seperti kortisol, adrenal, dan norepinephrine dapat memicu reseptor pada kelenjar sebasea atau kelenjar minyak untuk menghasilkan sebum lebih banyak. Akibat dari meningkatnya sebum yang bercampur dengan sel-sel kulit mati dan bakteri pada wajah, dapat menyumbat pori-pori kulit dan jerawat pun muncul.
 
 
 
 
Sumber Go-Doc

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s