Mengapa Pria jadi Buncit Setelah Menikah?

Ketika menikah kebanyakan pria mengalami kenaikan berat badan dan bentuk perut yang membuncit. Beberapa kaum wanita banyak bertanya soal hal ini, mengapa rata-rata pria mengalami perut buncit ya? Agar tidak penasaran, yuk kita cari tahu penyebabnya. Penelitian lain yang dipublikasikan pada jurnal Families, Systems & Health juga menemukan hal yang sama, setelah membandingkan aktivitas fisik, berat badan, dan pola makan pria sebelum menikah. 
 

 
Hasilnya, sekitar 25% pria yang sudah menikah akan menjadi gemuk dibandingkan pria lajang. Perut buncit setelah menikah didasari oleh berbagai macam alasan. Peneliti dari University of Bath, Inggris, mengatakan pria lajang tidak mengalami perut buncit karena menjaga tubuh tetap bugar dan langsing untuk mencoba menarik pasangan.
 
Namun, setelah itu, mereka akan membiarkan tubuh mereka menjadi gemuk karena sudah mendapatkan pasangan yang mereka inginkan. Ini seperti sikap masa bodoh terhadap apa yang akan terjadi karena sudah sukses menggaet wanita idaman mereka. Di sisi lain, pria yang sudah menikah seperti “dipaksa” untuk memenuhi kewajiban finansial yang tinggi karena harus membiayai keluarga. Hal ini berimbas pada waktu olahraga yang berkurang bagi para pria.
 

 
Pola makan juga jadi berantakan karena terlalu fokus bekerja. Lalu, aktivitas fisik dan ketidakseimbangan nutrisi juga jauh dari perhatian para pria ini. Akibatnya, kondisi itu juga bisa menjadi faktor membuncitnya perut.
 
Berikut ini penyakit-penyakit yang berisiko jika perut pria buncit: 
 
  • tekanan darah tinggi
  • diabetes
  • serangan jantung
  • stroke
  • kanker usus besar
  • kanker pankreas
  • kolesterol tinggi
Bagi pria yang sudah telanjur memiliki perut buncit, ada dua hal yang wajib dilakukan, yakni menjaga asupan makanan dan berolahraga secara rutin. Dalam pengaturan makanan, sebaiknya kurangi makanan yang mengandung gula tinggi. Dengan menghindari itu, insulin bisa menjadi rendah dan akhirnya lemak dalam tubuh bisa dibakar.
 
 
 
 
 
 
 
 
Sumber: Klikdokter

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s