Normal Nggak Sih Kalau Darah Haid Menggumpal dan Hitam?

Beberpa wanita pasti pernah mengalami gumpalan darah kecil-kecil hingga besar dan bewarna merah tua atau kehitaman. nah, biasanya hal ini terjadi ketika menstruasi lagi deras-derasnya alias pada hari pertama. Gumpalan darah yang keluar berulang kali ini membuat darah menstruasi kamu terlihat lebih kental atau lebih padat daripada biasanya. Kondisi kekentalan dan warna darah saaat menstruasi, seringkali dipengaruhi oleh kadar hormon dan siklus menstruasi loh. Meskipun tidak sering, ada kalanya darah menstruasi kamu menggumpal dan menghitam.
 

 
Menstuasi menghitam dan menggumpal normal nggak ya? 
 
Perlu kamu ketahui darah mens memang bisa berubah warna dan kekentalannya selama periode menstruasi dan ini normal. Namun ada kalanya perubahan dalam warna, kekentalan, atau penggumpalan tersebut menunjukkan terjadinya suatu masalah. Apa yang sebenarnya terjadi? Tubuh kita biasanya melepaskan antikoagulan atau zat pencegah pembekuan darah yang berfungsi untuk menjaga darah menstruasi menggumpal ketika dikeluarkan. Tetapi ketika volume darah sedang tinggi dan dikeluarkan dengan cepat, antikoagulan ini tidak punya cukup waktu untuk mencegah pembekuan darah. Nah, itulah yang menyebabkan darah keluar dalam bentuk gumpalan-gumpalan
 
Warna darah menstruasi sendiri biasanya menjadi cokelat gelap atau menghitam menjelang akhir masa haid
 
Sebenarnya kondisi ini juga termasuk normal kok. Hal ini terjadi karena darah tersebut sudah lebih lama ada di dalam tubuh, dan tidak dikeluarkan dengan cepat. Tekstur darah yang sangat kental dan cenderung menggumpal, atau pelepasan yang deras bisa saja hanya sementara, dan tidak perlu dikhawatirkan. 
 

 
Akan tetapi kalau kamu mengeluarkan gumpalan darah dalam jumlah berlebihan, atau keluarnya begitu deras dan terus-menerus sehingga tubuh jadi terasa lemas dan cepat lelah, ada kemungkinan kamu mengalami anemia. Sebaiknya kamu berkonsultasi dengan dokter untuk mengetahui penyebabnya. 
 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s