Siklus Menstruasi Tidak Teratur dan Berkepanjangan

Seperti sahabat hawa ketahui, menstruasi yang normal terjadi selama sampai dengan 7 hari, tergantung pada tubuh masing-masing perempuan. Dalam menstruasi yang normal, perempuan juga mungkin merasakan nyeri dan sakit. Tetapi, bagaimana jika menstruasi tidak normal terjadi pada seorang perempuan, seperti waktu menstruasi yang lebih panjang?
 
Menorrhagia didefinisikan sebagai siklus menstruasi pada interval yang normal namun terjadi peningkatan aliran dan durasi, sebagai salah satu gejala umum yang disepakati oleh ginekolog. Masa menstruasi yang lebih panjang ini mencapai lebih dari 7 hari. Situasi ini ditandai dengan menstruasi yang sangat deras sehingga harus sering mengganti pembalut atau tampon karena kepenuhan, atau menstruasi yang lama sampai sampai 14 hari atau lebih.
 

 
Banyaknya menstruasi ini dapat menyebabkan kurang darah sehingga kita merasa lemas, pusing, hingga sesak nafas. Ketidakseimbangan hormon estrogen dan progesteron menjadi alasan yang paling sering sebagai penyebab Mennorrhagia. Terutama terjadi pada awal-awal remaja mulai menstruasi atau malah diusia-usia mendekati menopause. Hal lainnya adalah karena penggunaan alat kontrasepsi IUD non-hormonal, gangguan pada ovarium, tumor jinak di rahim (fibroid), adenomyosis atau lapisan dalam rahim tumbuh dilapisan otot rahim, penggunaan obat pengencer darah (pada penderita penyakit jantung), dan masih banyak hal lainnya. Tentu saja penanganannya tergantung dari apa penyebabnya.
 

 
Pengobatan Menorrhagia secara medis berbeda-beda, tergantung pada kondisi tubuh masing-masing individual. Berbagai faktor harus diperhitungkan seperti:
 
– usia pasien
– adanya keluhan penyakit medis lainnya
– riwayat menorrhagia
– keinginan untuk pembuahan. 
 
Oleh karena pengobatan Menorrhagia harus ditangani oleh ahli kesehatan, apabila kamu mengalami keluhan seperti yang disebutkan dan seringkali berulang, segera periksakan dirimu ke dokter agar segera mendapatkan penanganan. 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s