Ini Cara Menghentikan Haid yang Tidak Teratur

Haid yang tidak teratur seperti terlambat, haid yang terlalu panjang, atau haid yang datang tidak menentu seperti 3 bulan sekali bahkan lebih sering dialami para wanita. Kondisi ini tentunya membuat para wanita khawatir karena takut hal tersebut bisa berpengaruh terhadap kesuburannya sehingga sulit untuk memiliki keturunan. Selain itu lamanya masa haid setiap wanita dipengaruhi oleh sejumlah faktor seperti stres, indeks massa tubuh, dan perubahan hormon. Meskipun begitu kamu bisa mencoba caraa untuk menghentikan haid yang tidak teratur. Ini caranya! 
 
 
1. Konsumsi Pil KB 
 
Mengonsumsi Pil KB ada baiknya digunakan untuk untuk mengontrol siklus menstruasi kamu, karea dengan menggunakan metode ini juga dapat memperpendek masa haid serta mengurangi keluhan nyeri yang sering dirasakan oleh wanita pada saat haid datang. Namun, hasil metode ini biasanya baru akan tampak setelah beberapa bulan menggunakannya. Sebelum menerapkan cara ini, cobalah berkonsultasi dengan dokter dalam menentukan jenis pil KB yang akan dikonsumsi. Tanyakan juga terkait efek samping dan cara penggunaan tepatnya kepada dokter kamu. Selain mampu mengurangi masa haid, metode konsumsi pil KB juga diyakini memiliki manfaat bagi kesehatan, di antaranya mencegah anemia akibat perdarahan berlebih, menjaga kecantikan kulit, serta menurunkan risiko kanker rahim dan kanker indung telur. 
 

 
2. Suntik KB
 
Suntik KB merupakan salah satu cara menghentikan darah haid yang paling efektif, selama dilakukan dengan teratur. Metode ini juga tidak menggunakan hormon estrogen sehingga dapat dilakukan oleh ibu menyusui ataupun wanita yang tidak dapat menggunakan hormon estrogen. Setelah rutin mendapatkan suntikan, siklus menstruasi kamu biasanya mulai berubah. Darah yang keluar saat haid akan berkurang seiring pemberian suntikan. Sebagian wanita yang menggunakan metode ini merasakan terhentinya haid setelah penggunaan rutin selama satu tahun. Walaupun efektif, cara menghentikan haid dengan suntik KB juga memiliki kekurangan. Bercak darah dapat timbul selama 3 bulan pertama kamu menerapkan metode ini. Selain itu, kamu juga harus rutin mendapatkan suntikan setiap 3 bulan sekali
 

 
3. Rutin Berolahraga
 
Membahas manfaat berolahraga memang tak ada habisnya. Olahraga yang dilakukan dengan rutin ternyata dapat juga meringankan perdarahan selama haid. Darah haid akan keluar dengan lebih teratur sehingga masa haid kamu berkurang. Berolahraga juga dapat membantu mengurangi kemungkinan terjadinya nyeri haid dan perut kembung. Kedua kondisi yang seringkali dikeluhkan saat haid datang.
 

 
4. Mengonsumsi Obat-obatan NSAIDs
 
Mengonsumsi obat-obatan NSAIDs yang dijual bebas seperti paracetamol atau ibuprofen dapat membantu mengurangi keluhan nyeri haid dan merangsang kontraksi rahim, sehingga dapat membantu mengurangi darah yang keluar selama haid. Tapi, perlu diingat jika mengonsumsi obat-obatan secara berlebihan tidak boleh dilakukan. Sebaiknya, kamu tetap berkonsultasi dengan dokter sebelum menggunakan obat-obatan apa pun. Terlebih lagi kamu yang berniat mengonsumsi suplemen, teh herbal, atau obat-obatan lain di luar anjuran dokter.
 

 
5. Menambah Asupan Vitamin C
 
Vitamin C dalam jumlah banyak dapat menurunkan jumlah hormon progesteron. Hal ini akan mempercepat proses peluruhan lapisan dinding rahim yang keluar bersama darah haid sehingga masa haid berlangsung lebih singkat.Selain itu, suplemen vitamin C juga dapat membantu tubuh menyerap zat besi dan memperkuat pembuluh darah. 
 

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
Sumber: Yesdoc

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s