Tidak Mual dan Muntah di Trimester Awal, Kenapa Ya?

Kehamilan adalah hal istimewa yang dialami oleh setiap perempuan. Meski terasa menyenangkan, ada pula beberapa cerita unik disetiap kehamilan. Salah satunya mual dan muntah atau yang dikenal dengan istilah morning sickness. 80% wanita hamil merasakan gejala mual. Bahkan 50% wanita hamil juga mengalami muntah. Mual muntah ini merupakan reaksi yang normal pada calon ibu. Namun bagaimana bila di kehamilan trimester awal wanita hamil tidak mengalami morning sickness seperti mual dan muntah? 
 
Apakah ini normal? Simak penjelasannya berikut.
 
 
1. Mengenal Morning Sickness
 
Rasa mual muntah saat kehamilan dipengaruhi besar oleh hormon khususnya Human Chorionis Gonadotropin (hCG). Tentunya ibu hamil akan mengalami peningkatan pada hCG, hormon esterogen juga beberapa hormon lainnya khusus di trimester awal. hCG dapat meningkat hingga 2x lipat setiap minggu di minggu pertama kehamilan. Memasuki trimester kedua masih ada beberapa ibu hamil yang mengalami mual namun dengan level yang sudah lebih ringan dan tubuh sudah mulai mampu beradaptasi. 
 

 
2. Bagaimana Bila Tidak Mual Muntah?
 
Bila 80% wanita hamil dikatakan mual muntah, artinya selebihnya ada yang tidak merasakan mual muntah saat hamil. Kondisi ini karena hormon wanita dikatakan rendah. Namun hal lain bila tidak mengalami morning sickness selama kehamilan  adalah bukan berarti memiliki kadar hormon yang tidak normal. Bisa saja tubuh ibu hamil tersebut mampu memberi toleransi kehamilan. 
 
3. Tetap Perhatikan Asupan 
 
Bila ibu hamil tidak mengalami mual muntah di trimester awal kehamilan, jalani dan nikmati setiap momen saat hamil. Tetaplah memperhatikan supan nutrisi bagi ibu dan janin agar tetap berkembang dengan baik. Makanan yang lengkap dengan kandungan vitamin, mineral, zat besi sangat baik untuk perkembangan janin. Meski mual muntah tidak dialami oleh beberapa wanita hamil, makan dengan porsi yang pas sangatlah dianjurkan. Selingi waktu cemilan dengan konsumsi buah-buahan segar misalnya semangka dan melon yang kaya akan kandungan air hingga buah alpukat dan kiwi yang kaya vitamin E. Jangan lupa perhatikan asupan asam folat dari brokoli, kacang hijau, dan telur. 
 
4. Periksa Rutin
 
Meskipun tidak semua wanita hamil mengalami mual muntah saat kehamilan, periksakan diri ke dokter atau bidan secara rutin untuk mengetahui perkembangan serta kondisi janin dalam kandungan. Bila dokter memberi saran untuk tetap konsumsi suplemen atau tambahan vitamin lainnya bisa kita ikuti sesuai petunjuk dokter. 
 

 
 
 
Ingat! Mual muntah ataupun tidak saat hamil merupakan kondisi alami tubuh yang normal dan setiap kehamilan pada wanita sangat unik dan berbeda-beda. Nikmati momen kehamilan dan tetaplah memperhatikan kondisi kesehatan ibu dan janin.
 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s