5 Makanan Ini Berlemak, Tapi Justru Menyehatkan

Untuk menjaga bentuk tubuh dan juga kesehatan jantung kita memang dianjurkan untuk mengonsumsi makanan kaya serat, nutrisi, vitamin dan menghindari makanan berlemak. Makanan berlemak dan juga makanan manis memang penyumbang paling besar penyebab obesitas, darah tinggi dan  juga kolesterol. Namun, ada juga lho beberapa makanan berlemak yang justru bisa menyehatkan tubuh kamu. Apa saja?
 
1. Alpukat
 
Dalam buah alpukat memang terdapat kandungan lemak di dalamnya. Namun lemak tersebut merupakan lemak jenuh yang justru baik untuk kesehatan tubuh. Khasiat alpukat ini juga dapat menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan tetap menjaga kadar kolesterol baik (HDL). Perlu sahabat hawa ketahui bahwa alpukat mengandung lemak 77% dengan kandungan terbanyak berupa asam oleat, salah satu lemak tak jenuh tunggal. Namun, konsumsi buah ini secukupnya ya, karena alpukat mengandung 300 kalori per buah.
 

 
2. Telur 
 
Banyak yang takut mengonsumsi telur dengan alasan kolesterol dan lemak yang terkandung di dalam kuning telur itu sendiri. Padahal kandungan lemak dalam telur sekitar 5 gram, dan setidaknya 212mg di antaranya adalah kolesterol. Meski begitu, pada sebagian besar orang, kolesterol dalam telur tidak memengaruhi kadar kolesterol dalam darah. 
 
3. Keju
 
Pertama yang perlu sahabat hawa ketahui adalah keju olahan yang tinggi sodium. Namun untuk keju yang murni dengan bahan baik mengandung ragam vitamin dan mineral sehat, termasuk protein, fosfor, kalsium, dan vitamin B12. Selain itu keju juga mampu meningkatkan produksi asam butirat yang dapat mempercepat metabolisme. Beberapa penelitian juga menyatakan bahwa orang yang mengonsumsi keju secara teratur memiliki risiko sakit jantung serta kadar kolesterol jahat (LDL) yang lebih rendah.
 
4. Dark Chocolate 
 
Banyak orang yang menghindari untuk mengonsumsi coklat karena khawatir dengan kandungan lemak dan kalori di dalamnya, dimana bisa menyebabkan naiknya berat badan. Namuncokelat ini justru memiliki lemak sehat yang membantu melindungi jantung. Selain itu, cokelat hitam juga mengandung serat, tembaga, magnesium, serta zat besi. Sebuah penelitian menyebut, seseorang yang makan cokelat hitam 5 kali atau lebih per minggu memiliki risiko meninggal akibat penyakit jantung yang lebih rendah. 
 
5. Salmon dan Ikan Makarel 
 
Ikan salmon kaya akan kandungan bermanfaat dan kamu perlu mengonsumsi lemak sehat, seperti asam lemak omega-3, agar otak tetap berfungsi optimal. Asam lemak yang bermanfaat ini banyak ditemukan pada ikan salmon, sarden dan makerel. Beberapa kandungan asam lemak omega-3, seperti EPA dan DHA, juga turut membantu dalam melawan penyakit kronis, menyehatkan otak, dan melawan radang. 
 

 
 
Jika kamu ingin mengonsumsinya disarankan untuk menyantap sekitar 200 gram ikan-ikan ini per minggu.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s