Cara Mencegah Keputihan Tidak Normal atau Patologis

Dalam keadaan normal, dalam vagina banyak terdapat bakteri (flora normal), namun bakteri-bakteri tersebut selalu berada dalam keadaan yang seimbang sehingga tidak menimbulkan penyakit. Jika terjadi gangguan keseimbangan dari flora normal di vagina, maka akan timbul jugalah gangguan pada cairan vagina menjadi keputihan yang tidak normal. Saat itu warna, tekstur maupun baunya akan sangat berubah dibanding biasanya. 
 

 
Bahkan dapat disertai dengan rasa panas dan gatal. Keputihan yang tidak normal sering dijumpai pada keadaan infeksi bakteri, infeksi jamur, gangguan keseimbangan sistem hormon, pada keadaan keganasan misalnya Kanker Mulut Rahim (Ca Cervix) atau karena meminum beberapa jenis obat-obatan seperti steroid, antibiotik, dan penggunaan larutan pencuci vagina yang berlebihan.
 
Cara mengatasinya tentu tergantung dari apa yang menjadi penyebabnya. Tetapi sebagai perempuan, tentunya kita dituntut untuk menjadi lebih bersih dibanding pria. Bukan hanya karena nantinya kehidupan keluarga tergantung pada kita tetapi tentu saja juga untuk kesehatan kita sendiri. Jaga kebersihan diri dan lingkungan sekitar.
 

 
  • Sebaiknya gantilah pakaian dalam per-4 jam sekali, dan pastikan daerah intim selalu dalam keadaan kering.
  • Jika sedang dalam masa datang bulan, sebaiknya rajin mengganti pembalut setidaknya per-3 jam sekali, meskipun frekuensi darah haid tidak banyak.
  • Gunakan sanitasi spray atau alas duduk toilet ketika menggunakan toilet umum.
  • Pastikan untuk mengeringkan selalu daerah kewanitaan setelah buang air kecil.
  • Jika perlu, bercukur rambut halus di daerah kewanitaan secara rutin dengan cara yang benar untuk menjaga kelembapan dan kebersihannya.
  • Jika kamu sudah mengalami keputihan patologis, sebaiknya segera berkonsultasi dan melakukan pengobatan ke dokter spesialis dengan tetap menjaga kebersihan organ intim.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s