Punya Mertua Suka Ngatur? Ini Cara Mengatasinya

Tak sedikit wanita yang sudah menikah mengeluh akan kondisi hubungan mereka dengan mertua khususnya ibu mertua. Mertua tak jarang dinilai sering ikut masuk dalam urusan pernikahan. Ibu mertua seolah selalu menjadi sosok yang menakutkan. Untuk sisi suami mungkin ada rasa ingin membela istri namun di sisi lainnya, suami merasa tak mungkin marah dihadapan ibunya sendiri. Simak cara mengatasi ibu mertua yang suka mengatur berikut.
 
1. Mencoba Pahami Sisi Mertua
 
Tak ada salahnya mulai dari sesuatu mencoba. Misalnya mencoba memahami sudut pandang ibu mertua. Meskipun ini merupakan hal yang tidak mudah, dengan mencoba memhami sudut pandang mertua akan membuka pikiran kita apa yang sedang dirasakan oleh ibu mertua terhadap pernikahan anaknya. Misalnya dengan mencoba menyimak kritik seperti apa yang diberikan ibu mertua dan apa sebenarnya tujuan dari kritikannya tersebut. Anggap kritikan dan masukan dari mertua ini merupakan jalan kebaikan bagi pernikahanmu dan suami.
 

 
2. Coba Pahami Sisi Suami
 
Tak hanya memahami ibu mertua, memahami sisi suami juga bukan perkara yang mudah. Apalagi kita dibesarkan dengan cara berbeda. Banyak hal yang tidak sama dalam berbagai hal. Kuncinya adalah mencoba memahami sisi suami dan katakan juga pada suami untuk lebih mengerti dan memahami istri. Saling memahami satu sama lain merupakan penghargaan atas perasaan saling menjaga satu sama lain. Komunikasikan bersama suami dengan baik mengenai hal ini. Terbuka dan utarakanlah agar tidak ada yang merasa terluka.
 
3. Kompromi
 
Bila kondisi ibu mertua sudah terlalu jauh ikut campur dan mengganggu pernikahan, cobalah bersama suami untuk saling berkompromi. Dalam sebuah kompromi, fokus pada perubahan kecil namun dapat berdampak baik pada semua pihak. Artinya pastikan agar kompromi suami istri juga menguntungkan untuk ibu mertua. Ingat! bila kompromi yang suami istri lakukan berdampak buruk pada ibu mertua, bukan tambah baik justru semakin memperburuk keadaan.
 

 
4. Coba Ngobrol
 
Kritik pedas mungkin sangat menyakitkan apalagi dilakukan oleh ibu mertua. Tapi cobalah untuk mengobrol dengannya duduk bersama. Simak apa yang menjadi kritiknya dan bila masukan serta kritik yang diberikan masuk akal, kita bisa mencoba memperbaiki diri. Buat ibu mertua agar merasa bahwa sebagai istri kita sangat menghargai perasaan ibu mertua dan berusaha terbuka menerima arahan darinya. Minta arahan dari ibu mertua yang telah membesarkan suami juga dapat membuat ibu mertua akan sangat dihargai.
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
Sumber: wolipop

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s