4 Penyakit Ini Ada Kaitannya dengan Menstruasi

Haid merupakan siklus menstruasi rutin setiap bulan yang normal dialami setiap wanita dewasa. Sebagian dari perempuan pasti pernah mengalami nyeri saat menstruasi. Hingga kini cukup banyak perempuan yang mengalami nyeri saat menstruasi namun mereka tidak melakukan konsultasi dengan dokter. Nyeri haid yang mengganggu aktifitas harian sebenarnya perlu dilakukan pemeriksaan ke dokter guna mengetahui penyebab nyeri haid yang mengganggu tersebut. Berikut 4 penyakit yang berkaitan dengan menstruasi.
 
1. Mioma Uteri
 
Siklus menstruasi yang normal pada wanita berkisar 21-35 hari. Dalam rentang siklus normal ini, perempuan akan mengeluarkan banyak darah haid. Tak jarang diawal menstruasi akan banyak terasa sakit pada area panggul, pinggang, payudara, hingga perut yang nyeri. Khusus penyakit mioma uteri atau fibroid ini dikenal dengan tumor jinak rahim yang cukup sering diderita perempuan. Tanda yang muncul bila perempuan menderita mioma uteri adalah jumlah darah haid yang keluar sangat banyak, perut sakit terasa penuh dan membesar hingga nyeri panggul. Konsultasikanlah pada dokter spesialis kandungan guna mengetahui lebih lanjut kondisi kesehatan reproduksi selama mentsruasi.
 

 
2. Endometriosis
 
Ini merupakan penyakit yang cukup kronis. Jaringan endometrium terletak di dalam rahim ditemukan tumbuh ditempat lain dalam tubuh. Jaringan tersebut kemudian akan membentuk lesi endometrium yang paling sering ditemukan terletak di indung telur atau bahkan di organ yang berada pada area panggul. Bila jaringan tersebut semakin tumbuh, dapat menghambat tuba falopi. Dimana saluran ini menghalangi pertemuan antara sperma dan sel telur.
 

 
3. Adenomioisis Uteri
 
Ini merupakan suatu keadaan dimana terdapat jaringan yang melapisi dinding rahim (endometrium) yang tumbuh didalam dinding rahim lapisan kedua yaitu miometrium. Dalam kondisi seperti ini, rahim akan mengalami pembesaran dan timbul nyeri di area panggul saat siklus menstruasi berlangsung. Tanda lainnya adalah nyeri dibagian perut yang sangat hebat hingga sangat mengganggu dan tak dapat beraktifitas.
 

 
4. Masalah Radang Panggul
 
Kinerja hormon selama menstruasi berlangsung sangatlah berperan. Secara fisik tubuh kita akan merespon dengan mood swing hingga nyeri di beberapa bagian tubuh seperti perut hingga radang panggul. Penyakit yang cukup terasa nyeri di area radang panggul juga bisa menjadi penyakit yang erat kaitannya dengan menstruasi. 
 

 
 
Perlu sahabat Hawa ketahui, penyakit radang panggul merupakan infeksi pada organ reproduksi. Hal ini biasanya juga disebabkan oleh bakteri yang dapat menular saat berhubungan seksual.
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
Sumber: cnnindonesia, klikdokter, liputan6

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s