Mitos Kehamilan Ini Masih Banyak yang Percaya

Indonesia sangat lekat dengan tradisi turun temurun. Dalam berbagai hal pun masih diikuti dan dipercaya hingga turun ke anak cucu. Misalnya saja mitos kehamilan yang paling sering dikaitkan dengan kondisi ibu hamil maupun menyusui. Bahkan mitos kehamilan ini kadang cenderung tak masuk akal dan tidak pernah terbukti dalam penelitian medis.  Meski dikatakan hanya mitos, tak sedikit ibu hamil yang percaya lho. Apakah Sahabat Hawa yang tengah hamil juga masih percaya mitos kehamilan? Coba lihat kumpulan mitos kehamilan berikut.
 
1. Bentuk Perut = Jenis Kelamin Bayi
 
Bila bayi yang dikandung berjenis kelamin laki-laki, bentuk perut akan membuncit atau maju. Sementara bila mengandung anak perempuan maka perut melebar dan rendah. Faktanya mitos kehamilan ini tak terbukti. Bagaimanapun ukuran, arah perut, hingga bentuk perut yang paling utama adalah kesehatan bayi yang harus dirawat. Mitos kehamilan ini seringkali dipercaya meskipun kadang hasil “analisa perut” dari tradisi ini tidak terbukti.
 

 
2. Mencuri Cantik Ibu = Bayi Perempuan
 
Nah untuk hal kecantikan, semua ibu hamil akan terlihat berbeda dan cantik dari dalam. Namun ada hal berbeda bagi ibu hamil yang mengandung anak perempuan. Biasanya orang akan mengatakan bahwa kulit iritasi, berjerawat, dan kusam akibat dari anak yang mencuri kecantikan ibunya. Padahal kondisi kulit yang berubah selama kehamilan ini bisa disebabkan oleh gangguan hormonal. Jadi mitos kehamilan ini tak ada kaitannya dengan jenis kelamin anak perempuan. Seiring usia kehamilan ada beberapa ibu hamil yang kondisi kulitnya rusak parah dan ada pula yang kondisi kulitnya semakin membaik.
 
3. Melihat Sesuatu Yang Jelek = Menjadi Jelek
 
Mitos kehamilan ini memang mengerikan. Bayangkan bila kita sedang hamil bertemu orang buruk rupa kemudian bayi yang tengah dikandung akan menjadi jelek. Ini jelas sekali hanya mitos kehamilan namun disayangkan masih ada saja yang percaya dengan ini. Bagaimanapun, bayi merupakan anugerah dari yang maha kuasa. Fokus pada tumbuh kembang janin saat berada dikandungan dan yakin bahwa bayi laki-laki maupun perempuan akan terlahir sehat sempurna.
 
4. Tidak Percaya = Celaka
 
Melilitkan handuk di leher pada ibu hamil dikatakan pamali karena hal ini dipercaya akan membuat bayi terlilit tali pusar saat menjelang kelahiran. Mitos kehamilan ini erat dipercaya bila tidak dipercaya maka membuat si ibu hamil akan celaka. Secara medis hal ini memang tak ada kaitannya. 
 

 
 
Namun tak ada salahnya mengucapkan terima kasih pada orang yang bersedia memberi nasihat pada kamu. Namun yakinlah bahwa hidup mati dan urusan keberuntungan maupun celaka telah diatur oleh Tuhan.
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
Sumber: ayahbunda

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s