8 Makanan yang Bisa Merusak Kesuburan Pria

Faktor kesuburan laki-laki sangat dipengaruhi oleh gaya hidupnya. Untuk menghasilkan sperma yang sehat diharuskan untuk mengonsumsi makanan sehat, jauhi alkohol dan juga kebiasaan merokok. Selain itu olahraga dan istirahat yang cukup juga wajib dilakukan agar sperma berkualitas baik dan bisa membuahi dengan cepat. Nah, berikut ini 8 makanan yang dapat menurunkan kualitas kesuburan pria. Apa saja?
 
 
1. Produk daging berlemak
Pria yang sering mengkonsumsi daging olahan dan mengandung lemak bisa saja memiliki kualitas sperma yang rendah. Makanan yang mengandung lemak tinggi bisa menyebabkan sperma tidak sehat seperti sperma yang tidak berenang dengan baik dan juga akan mengurangi jumlah sperma. Hal ini karena daging olahan mengandung banyak hormon yang bisa merusak kesuburan. Jadi lebih baik mempertimbangkan mengkonsumsi makanan untuk kesuburan pria.
 

 
2. Susu murni berlemak
Susu yang mengandung lemak tinggi juga akan menyebabkan sperma tidak sehat. Ini karena susu diproduksi dari hewan yang mungkin menerima makanan dengan kandungan hormon buatan yang tinggi. Kedua adalah karena susu mengandung lemak tinggi yang akan menyebabkan tubuh pria kemungkinan kurang sehat.
 
3. Produk susu tinggi lemak
Semua jenis produk susu yang mengandung lemak tinggi juga tidak sehat untuk pria. Misalnya seperti keju yang mengandung lemak khusus. Jenis keju ini biasanya memiliki tulisan seperti mengandung kadar lemak yang tinggi dan berbeda dengan jenis keju yang aman untuk diet. Jika produk ini dikonsumsi sejak masih muda maka bisa menyebabkan pendeknya masa subur pria.
 
4. Ikan dengan kadar merkuri tinggi
Merkuri tidak hanya berbahaya bagi ibu hamil. Ternyata ikan yang mengandung merkuri tinggi juga sangat berbahaya untuk pria. Seperti ikan yang didapatkan dari laur misalnya king makarel, ikan tuna, ikan todak dan ikan hiu. Lebih baik menghindari ikan ini karena bisa merusak kesuburan dan membuat sperma berumur lebih pendek. Ini juga termasuk jenis makanan yang harus dihindari saat ingin hamil bagi wanita.
 

 
5. Semua makanan yang mengandung alkohol
Semua jenis makanan yang mengandung alkohol sangat buruk untuk pria. Alkohol akan masuk ke dalam darah dan kemudian menurunkan kesehatan sperma. Alkohol juga bisa memicu gangguan hati dan ginjal.Pria yang mengkonsumsi alkohol cenderung meningkatkan pengaruh buruk untuk kesehatan janin yang akhirnya menjadi  penyebab bayi lahir cacat. Alkohol juga bisa merusak sel-sel sperma yang sehat sehingga memicu kemandulan untuk pria.
 
6. Semua produk yang mengandung kafein
Semua jenis makanan dan minuman yang mengandung kafein juga sangat buruk untuk pria. Kafein bisa menyebabkan kematian sel sperma menjadi lebih cepat. Jika dikonsumsi terus menerus maka produksi sel sperma juga akan terhambat. Ini karena kafein juga masuk ke dalam aliran darah dan merusak sistem metabolisme.
 
7. Semua makanan yang mengandung soda
Semua jenis makanan dan minuman yang mengandung soda juga sangat dilarang untuk pria. Soda sudah terbukti bisa menyebabkan gerakan sperma menjadi sangat lambat. Kemudian juga akan menurunkan jumlah sperma. Jika sering mengkonsumsi soda maka ini bisa memicu ejakulasi dini akibat kadar gula yang sangat tinggi.
 

 
8. Semua makanan dan minunan yang mengandung pengawet
Makanan dan minuman yang mengandung pengawet juga sangat buruk untuk pria. Makanan ini bisa menyebabkan sel sperma lebih cepat rusak dan berumur sangat pendek. Efeknya mungkin tidak terasa cepat karena zat ini akan terakumulasi dalam tubuh. Jadi pertimbangkan saat ingin mengkonsumsi makanan olahan yang mengandung banyak bahan pengawet.
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
Sumber: Hamil.co

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s