Posisi Tidur Kamu Sudah Benar Belum? Cek di Sini!

Berbeda dengan ikan yang tak pernah tidur, manusia memerlukan tidur untuk beberapa alasan seperti,  melepas lelah, meremajakan sel, hingga optimalisasi proses pertumbuhan. Masalahnya, tidak banyak dari kita sadar bahwa posisi tidur kita belum tentu benar loh Sahabat Hawa!

Tidur dengan tangan kanan di bawah pipi kanan 

Tidur dengan menaruh tangan kanan di bawah pipi kanan artinya posisi badan miring ke kanan bukan tengkurap atau terlentang. Ternyata, tidur menggunakan bantal merupakan penyebab utama sakit pundak dan leher. Ini dikarenakan posisi kepala lebih tinggi daripada badan. Manfaat lain tidur tanpa bantal berupa terbebas dari rasa nyeri dikarenakan dislokasi tulang punggung yang seringkali disebabkan oleh bantal.

Pelajaran terbaik terlihat dari cara tidur bayi. Sekalipun dibiasakan untuk tidur beralaskan bantal, namun bayi akan aktif bergerak menandakan dirinya tak nyaman dengan sesuatu yang mengganjal di kepala. Pada akhirnya, bantal akan tersisih dan akhirnya bayi lebih nyaman tidur tanpa bantal. Ini adalah posisi terbaik untuk kelancaran peredaran darah dan bebas nyeri loh Sahabat Hawa!

 Tidur dalam posisi tengkurap?

Di Australia, penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kematian pada anak-anak sebanyak tiga kali lipat saat mereka tidur tengkurap. Majalah Times justru mengungkap fakta mencengangkan melalui publikasi sebuah penelitian di Inggris yang menyebutkan terjadinya peningkatan tingkat kematian mendadak pada anak-anak yang tidur dalam posisi tengkurap!

Seorang dokter menyatakan bahwa cara tidur tengkurap dengan perut sebagai tumpuan dalam suatu periode tertentu akan mengalami kesulitan napas dikarenakan seluruh berat badan akan menekan ke arah dada. Kondisi ini akan menghalangi dada untuk merenggang dan berkonstraksi saat bernapas. Selain itu, kemungkinan besar seseorang akan mengalami kekurangan oksigen yang dapat mempengaruhi kinerja jantung dan otak.

Tidur Terlentang

Selain tengkurap, posisi tidur terlentang merupakan cara tidur paling populer. Kondisi badan yang letih sementara kasur tersedia di depan mata, merebahkan badan adalah pilihan paling baik. Namun, tahukkah Sahabat Hawa bila tidur terlentang membuat jantung kesulitan untuk istirahat. Dalam posisi terlentang, jantung lebih banyak mengeluarkan energi untuk mempompa darah ke seluruh tubuh. Bayangkan jika dalam semalaman tubuh tidur terlentang, tak ada waktu untuk jantung beristirahat!

 

Tidur menyamping ke kiri

Tidur miring ke kiri berarti beban tubuh bertumpu pada bagian kiri badan. Posisi ini memiliki banyak keburukan, utamanya memaksa jantung untuk bekerja lebih keras lagi. Secara medis hal ini terjadi karena darah akan dipompa dari bilik jantung sebelah kiri ke aorta yang posisinya lebih tinggi 10 derajat, sehingga menyebabkan aliran darah tak lagi sesuai hukum gravitasi dan hanya mampu mencapai ke 45% bagian tubuh. Kondisi ini diperparah dengan posisi aorta yang akan membengkok dikarenakan terpisah dari jantung.

Maka jelas, posisi tidur menyamping ke kiri berdampak besar pada kesehatan jantung. Kinerja jantung untuk mengalirkan darah ke seluruh tubuh dan bagian kanan kepala akan terhambat.

Tidur yang berkualitas 

Setelah mengetahui posisi terbaik untuk tidur, yakni dengan posisi tubuh menyamping ke arah kanan dan tanpa menggunakan bantal namun menggantinya dengan tangan kanan berikut beberapa tips singkat berikut berguna untuk membuat tidur semakin berkualitas.

  • Kurangi asupan karbohidrat sebelum kamu tidur, jika tidak ingin mendengkur saat tidur, jangan tidur dengan perut kenyang ya!
  • Hindari soda. Kandungan karbondioksida dalam soda hanya akan membuat perut kembung dan sebah. Termasuk minuman yang mengandung kafein seperti kopi dan teh. Efek samping kafein selain sebagai penghalau kantuk adalah menaikkan tekanan darah.
  • Gunakan wewangian aromaterapi. Pilih yang beraroma lavender karena akan berguna untuk rileksasi pikikan atau jeruk yang juga mampu sebagai penolak alami nyamuk.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s