Program Hamil gagal Terus? Bisa Jadi Ini Sebabnya!

Menjalankan program hamil mungkin membutuhkan waktu bagi beberapa pasangan yang telah menikah. Bekerjasama dengan pasangan agar cepat hamil sangat diperlukan. Mulai dari memeriksakan diri suami dan istri ke dokter kandungan. Mencari pencetus masalah pada reproduksi suami dan istri dapat membantu proses agar cepat hamil. Program hamil yang terlalu lama seringkali membuat pasangan lelah dan bahkan mengalami stress. Hingga tak jarang pasangan merasa program hamil berada pada titik kegagalan. Yang perlu di ingat adalah bahwa anak merupakan rezeki dari Tuhan dan hanya Tuhanlah yang tau kapan sang buah hati hadir di tengah pasangan. Berikut adalah kemungkinan gagalnya program hamil yang perlu diketahui.
 
 
1. Mengenal Sel Telur & Sel Spermatozoa
 
Prof. Dr. Wimpie Pangkahila, Sp.And, seksolog dan androlog dari Universitas Udayana mengatakan bahwa terjadinya kehamilan diperlukan sel spermatozoa yang terkandung dalam cairan sperma pada pria. Sel spermatozoa akan membuahi sel telur kemudian terjadi kemungkinan kehamilan. Namun agar cepat hamil, Dr. Wimpie menyarankan agar melakukan hubungan disaat masa subur pada wanita. Dengan begitu kemungkinan hamil akan lebih besar. 
 

 
2. Pola Makan dan Gaya Hidup Tak Seimbang
 
Menjaga asupan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh sebenarnya tidak hanya baik untuk program hamil melainkan juga baik untuk dampak jangka panjang. Kesehatan juga merupakan investasi dan tubuh ini harus selalu di “maintenance” dengan asupan makanan sehat dan gizi seimbang. Jangan lupa juga untuk melakukan olahraga rutin misalnya seminggu 2 kali dengan durasi 30 menit saja. Gaya hidup dan pola makan yang baik juga akan meningkatkan kualitas sperma dan kesuburan wanita lho. Untuk itu peluang kehamilan juga akan semakin besar. Masukan buah dan sayur dalam menu harian bersama pasangan. Pilih buah sayur yang kaya vitamin C, vitamin E, zinc, asam folat, dan kandungan lainnya. 
 
3. Hambatan Orgasme Pasangan
 
Rasanya jadi tidak percaya bagaimana mungkin pasangan tidak dapat orgasme saat melakukan hubungan seksual? Penyebab gagal orgasme pada istri yang tidak mencapai orgasme dipengaruhi oleh beberapa hal. Seperti misalnya komunikasi seksual yang tidak baik, hambatan secara priskis, posisi berhubungan yang tidak efektif, hingga fungsi seksual yang tak optimal misalnya dalam melakukan kontrol ejakulasi. Bila salah satu faktor ini terjadi, hambatan orgasme bisa saja terjadi. Namun Dr. Wimpie menegaskan tak ada kaitan antara tidak orgasme dengan belum hamil. Artinya kehamilan tetap bisa terjadi meskipun istri tidak orgasme. Meski begitu kepuasan bersama pasangan dalam berhubungan seksual harus dicapai bersama untuk menjaga keharmonisan di kehidupan seksual.
 

 
4. Gangguan Siklus Haid
 
Menjadi kaum hawa memang ada saja problem-nya. Misalnya menghadapi kenyataan bahwa siklus haid saja tidak teratur. Bila sudah begini akan terasa sulit mengetahui kapan masa ovulasi dan masa subur. Gangguan siklus ini sebenarnya terdapat pada hormon yang tidak seimbang dan terganggu. Hormon yang tidak seimbang bisa dipengaruhi oleh pasien yang memiliki riwayat gangguan makan (bulimia & anorexia), malnutrisi (kurang gizi), stres berlebihan, Indeks Masa Tubuh >30. 
 

 
 
 
Selain gangguan hormon sebenarnya juga bisa gangguan pada reproduksi kandungan. Untuk lebih detail, perlu konsultasi ke dokter spesialis kandungan agar dapat diperiksa USG.
 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s