Tips Menjaga Kehamilan Kembar Hingga Waktu Persalinan

Kehamilan kembar merupakan hal yang sangat istimewa dan menjadi pengalaman unik tersendiri bagi ibu hamil. Perhatian intensif saat memiliki anak kembar sudah menjadi hal yang wajib dilakukan. Kehamilan anak kembar ini biasanya karena faktor genetik atau keturunan. Sebagai ibu hamil, berikut tips menjaga kehamilan anak kembar agar sehat dan lancar hingga persalinan.
 
1. Rutin Kunjungi Dokter
Dengan rutin mengunjungi dokter kandungan dan bidan, hal ini untuk memberi pengawasan ekstra si calon anak kembar. Biasanya dokter kandungan atau bidan akan memeriksa dengan menggunakan USG untuk memantau perkembangan dan pertumbuhan janin. Kondisi janin yang kembar ini tentu akan lebih diperhatikan secara ekstra oleh dokter mengingat ada 2 janin yang tumbuh didalam rahim. 
 
Selalu Perhatikan Nutrisi
Menjaga asupan nutrisi saat masa kehamilan sangat penting. Begitu pula dengan kehamilan anak kembar dimana ada 2 janin yang tumbuh didalam perut ibu hamil. Konsumsi protein, asam folat, zat besi, hingga kalsium. Biasanya dokter akan memberi resep berupa suplemen hingga vitamin untuk ibu hamil. Biasanya ibu hamil dengan anak kembar akan berisiko anemia. Konsumsi selalu zat besi untuk menjaga kestablisan darah saat masa kehamilan.
 
2. Istirahat
Segala kehamilan sebenarnya tergantung pada setiap ibu hamil. Namun istirahat ekstra juga diperlukan bila ibu hamil merasa lelah. Jangan memaksakan kegiatan yang akan menguras pikiran dan tenaga. Lebih rileks memanfaatkan moment indah kehamilan bersama si calon anak kembar merupakan hal yang utama.
 
3. Antisipasi
Kehamilan normal biasanya berjalan hingga 40 minggu namun tergantung pada setiap ibu hamil. Kondisi ini bisa saja berbeda dengan ibu yang hamil anak kembar. Biasanya anak kembar bisa saja lahir lebih awal yakni 37 minggu bahkan kurang. Bahkan ada dokter yang menganggap kelahiran bayi 34 minggu dikatakan normal. Biasanya bila ibu hamil mengalami bayi prematurakan disuntikkan steroid guna membuat paru-paru pada janin lebih siap. Kebanyakan bayi lahir prematur atau kurang dari 37 minggu memang perkembangan paru-paru belum sempurna.
 
4. Pilih Olahraga 
Olahraga tetap perlu dilakukan meski tengah hamil. Namun pilihlah olahaga yang tidak terlalu banyak gerakan dan membuat ibu hamil anak kembar menjadi mudah lelah. Pilih yoga ataupun pilates yang ringan dan ibu hamil dapat lebih dekat komunikasi dengan bayi dalam kandungan. Kesehatan tetap perlu dijaga meski tengah hamil. 
 
 
Ibu hamil juga dapat melakukan senam hamil menggunakan instruktur agar kehamilan tetap sehat dan bugar.
HAWA ads 1

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s