Indung Telur Kecil Membuat Susah Hamil?

Indung telur merupakan bagian penting dalam organ reproduksi wanita. Sel telur wanita akan dilepaskan untuk memasuki proses pembuahan hingga membantu memproduksi hormon. Ternyata tidak sedikit perempuan yang mengalami indung telur kecil-kecil sehingga ini mengganggu dalam mencapai kehamilan. Dengan adanya sel telur wanita didalam indung telur juga membantu melepaskan hormon seks seperti esterogen dan progesteron. Selain itu, indung telur membantu melepaskan sel telur setiap 28 hari sekali yang kita kenal dengan siklus haid.
 
1. Sulit Dibuahi 
 
Dilansir Liputan6, seorang wanita bernama Annisa berusia 25 tahun sudah menikah selama 6 bulan namun belum kunjung hamil. Setelah melakukan pemeriksaan ke dokter kandungan, Annisa terdeteksi PCOS (Polycystic Ovary Syndrome) yakni kelainan endokrin dimana kadar hormone pria dalam tubuh melebihi hormone esterogen serta kondisi ini menyebabkan sel telur kecil dan sulit dibuahi. Sel telur wanita yang kecil-kecil ini sebenarnya bisa dibantu dengan merubah pola hidup sehat. 
 
2. Indung Telur Kecil & PCOS
 
PCOS diklaim tak dapat disembuhkan namun gejalanya dapat diredam. Opsi penanganan yang bisa dilakukan yaitu merubah gaya hidup seperti rutin berolahraga, menurunkan berat badan dengan cara sehat dan sesuai aturan. Disarankan untuk berhenti merokok dan menghindari alkohol. Banyak mengkonsumsi  makanan yang kaya nutrisi vitamin dan mineral. Misalnya vitamin e seperti almond, bayam, alpukat, brokoli hingga asam folat yang bisa kita ambil dari kacang hijau, pisang, melon, telur dan lainnya. Indung telur kecil bukan berarti tidak bisa dibuahi namun sel telur wanita ini tetap berpotensi hamil selama kita dan pasangan merubah gaya hidup menjadi lebih sehat. Dengan begitu peluang kehamilan dapat terjadi.
 

 
3. Pembedahan
 
Bila memang positif PCOS melalui gejala yang timbul, dokter biasanya juga melihat apakah perlu dilakukan pembedahan. Pembedaha ini disebut dengan LOD atau Laparoscopic Ovarian Drilling. Pembedahan ini dapat menjadi opsi dalam menangani kesuburan bila benar mengidap PCOS.
 
4. Terapi
 
Banyak cara yang bisa dilakukan bagi para penderita PCOS. Namun bila tidak ada rencana hamil dlam waktu dekat, penderita PCOS juga dapat melakukan terapi hormon. Melalui terapi hormon ini, dapat membantu mencegah kanker uterus, mengembalikan siklus haid yang sebelumnya tidak normal menjadi normal, hingga membantu menyembuhkan gejala PCOS lainnya seperti masalah pertumbuhan rambut berlebih, rontok rambut di kepala hingga masalah jerawat.
 
 

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
Sumber: healthdetik, liputan6, alodokter
 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s