Selain Bentuk Tubuh, Ini Lho yang Berubah Selama Hamil

Kehamilan menjadi hal yang mengharukan dan membahagiakan bagi siapapun pasangan yang telah menikah. Setelah menikah, kehamilan menjadi momen membahagiakan kedua dan setelah itu kebahagiaan akan semakin bertambah bila buah hati lahir ke dunia. Wah membayangkannya saja sangat menyenangkan ya. Anggota keluarga baru berupa buah hati yang dinantikan akan lahir kedunia. Namun sebelum lahir, ibu hamil relatif akan banyak sekali mengalami perubahan. Apa saja sih perubahan bentuk tubuh wanita selama hamil? Simak informasi selengkapnya.
 
1. Mood Swing
 
Perubahan mood ibu hamil dapat berubah drastis. Ini disebabkan oleh hormon yang mirip seperti sindrom saat pramenstruasi. Setelah gembira, tiba-tiba ibu hamil bisa sedih hanya dalam waktu yang singkat. Bahkan ada beberapa ibu hamil yang merasa bahwa kata-kata suaminya bisa menyinggung perasaan. Mood swing ini akan terjadi selama trimester awal kehamilan. Namun pastikan bila mulai tidak nafsu makan hingga sulit tidur, perlu berkonsultasi dengan dokter karena hal tersebut bisa menjadi indikasi ibu hamil mengalami depresi.
 

 
2. Susah Fokus
 
Beberapa bentuk tubuh wanita saat hamil pasti akan terlihat perubahannya. Termasuk dalam hal jadi sulitnya berkonsentrasi. Hal ini biasa terjadi pada trimester awal kehamilan karena beberapa ibu hamil akan dilanda morning sickness. Untuk itu, ibu hamil dianjurkan beristirahat dan tidak melakukan aktifitas fisik yang melelahkan. Konsumsi asupan bernutrisi agar ibu dan bayi dapat sehat terus hingga persalinan.
 
3. Perubahan Kulit
 
Biasanya kulit akan mengalami perubahan karena tubuh ibu hamil yang semakin membesar. Jangan heran bila semasa hamil kulit bisa timbul jerawat atau justru kulit akan terasa sangat halus. Kondisi ibu hamil berbeda-beda. Namun memang ibu hamil ada yang mengalami chloasma atau munculnya perubahan kulit dibagian seperti leher, wajah, ketiak, dan area lainnya. Bahkan bila kehamilan semakin membesar, area perut yang membuncit akan muncul garis berwarna coklat.
 

 
4. Ukuran Bra Meningkat
 
Meningkatkan kadar hormon esterogen dan progesteron pada wanita membuat bentuk tubuh wanita mengalami perubahan. Khususnya area payudara yang seiring bertambahnya usia kehamilan, ukuran payudara pun akan semakin bertambah. Untuk itu disarankan selalu menyesuaikan ukuran bra disaat dalam kondisi hamil. Hal ini menjaga agar nafas juga tidak sesak selama kehamilan.
 
 
 
 

 
 
 
 
 
 
 
 
Sumber: ayahbunda

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s