Ini Cara Atasi Perasaan Curiga dengan Suami

Setiap pernikahan tentu tak selamanya berjalan mulus saja. Tentu pernikahan bukanlah akhir bahagia karena pernikahan merupakan awal perjuangan Sahabat Hawa bersama suami. Namun tak jarang sebagai kaum hawa kita dilanda perasaan negatif terhadap suami. Salah satu perasaan yang sering muncul adalah cemburu dan rasa curiga. Perasaan seperti ini bila diabaikan tentu berpotensi membuat pernikahan menjadi tidak sehat. Berikut adalah 3 cara untuk mengatasi rasa curiga pada suami selama pernikahan.
 
1. Komunikasi
 
Komunikasi merupakan kunci utama dalam segala hal. Tanpa pesan yang disampaikan tentu lawan bicara kita tak akan pernah tahu apa maksud serta tujuan kita pada orang tersebut. Dalam hal pernikahan khususnya pada suami pasti kita juga selalu rutin berkomunikasi. Misalnya disaat sarapan, makan malam dan waktu libur. Kecurigaan pada pasangan tentu juga tak luput dari komunikasi. Katakan bila ada sesuatu yang membuat Sahabat Hawa sebagai istri merasa tidak nyaman. Jelaskan perlahan pada suami bagaimana rasa curiga ini kemudian mengganggu aktifitas sahabat Hawa sebagai istri. Katakan pula bahwa dalam pernikahan sebaiknya saling berkomunikasi dan terbuka. Hal ini juga menghindari dari rasa curiga berlebihan yang bisa menimbulkan keributan besar dalam pernikahan. Jangan diam-diam saja kemudian menjadi bom waktu yang bisa meledak kapanpun. Ingat bahwa komunikasi adalah kunci dalam pernikahan.
 

 
2. Hindari Kalimat Menuduh
 
Selain komunikasi, tentu kadang ada rasa belum clear didalam hati. Namun tetaplah berusaha tenang dan menyimak penjelasan pasangan. Bila suami memberi kabar akan meeting bersama klien wanitanya, jangan langsung memberi kalimat yang bernada sinis dan tuduhan. Karena hal ini tentu akan mengundang emosinya. Alangkah baiknya, gunakan kalimat yang lebih bijak dan ketahui dulu situasi kondisi sebelum marah terhadap suami. Gunakan kalimat berupa pertanyaan seperti,”Bersama siapa saja kamu akan meeting dengan klien?” atau untuk menghindari lebih panjang, tetaplah tenang dan beri pernyataan,”Semoga meeting-nya lancar dan project-mu dan tim tercapai.” Kalimat motivasi seperti ini dapat membantu suami untuk selalu dekat dengan istri. Pernyataan berupa doa yang positif tentu akan lebih menenangkan bukan?
 
3. Cek Sosial Media Suami?
 
Apakah sahabat Hawa suka melihat sosial media pasangan? Ya menjalani pernikahan artinya segala sesuatu tentu ada yang harus dijaga. Komitmen bersama pasangan akan terus dipegang untuk memupuk rasa saling percaya. Namun dengan melakukan cek rutin pada sosial media suami seperti Facebook, Twitter, Instagram bisa berpotensi menimbulkan prasangka buruk pada suami. Tak jarang mungkin sahabat Hawa kecewa bila tak menemukan “sesuatu” di sosial medianya. 
 

 
 
Sebaliknya bila Sahabat Hawa menemukan sesuatu di sosial medianya seperti menemukan sebuah jawaban yang selama ini membuat Anda penasaran. Ingat! Apa yang kamu lihat belum tentu benar. Bisa saja rasa curiga berlebihan saja yang muncul. Bila faktanya tak ada apa-apa, Sahabat Hawa pasti akan rugi waktu dan lelah marah-marah. Bila ada rasa curiga, dibanding cek sosial media pasangan lebih baik langsung berkomunikasi dan utarakan saja ya, Sahabat Hawa.

Satu pemikiran pada “Ini Cara Atasi Perasaan Curiga dengan Suami

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s