Ini Penjelasan Tentang Asam Folat dan Kaitannya dengan Kesuburan Wanita

Asam folat adalah bentuk sintetis dari vitamin B9, salah satu dari delapan vitamin yang larut dalam air, yang penting untuk metabolisme sel. Dalam bentuk alami, vitamin B9 dikenal sebagai folat. Folat memiliki peran penting dalam spermatogenesis (pembentukan sperma) pada pria. Dalam reproduksi wanita, folat berperan dalam proses pematangandanmenentukan kualitas oosit (sel telur), implantasi (penempelan embrio / janin pada dinding rahim), plasentasi (pembentukan plasenta), pertumbuhan serta perkembangan organ janin.
 
Berbagai studi melaporkan bahwa wanita yang menerima suplementasi asam folat (dalam program IVF) memiliki kualitas serta tingkat maturasi (kematangan) oosit (sel telur) lebih baik dibandingkan dengan wanita yang tidak menerima suplementasi asam folat.
 
Folat juga sangat penting dalam kehamilan. Sekitar empat minggu setelah pembuahan,saluran sumsum tulang belakang-juga disebut neural tube- janin akan menutup. Penelitian telah menunjukkan bahwa untuk menutup normal,  seorang wanita perlu konsentrasi folat yang cukup tinggi dalam darahnya. Ibu yang kekurangan folat, dapat memiliki risiko lebih tinggi untuk hamil bayi dengan spina bifida (kelainan sumsum tulang belakang).
 
Normalnya tanpa diimbangi intake rutin, kadar folat dalam darahdapat menurun dengan cepat. Saat hamil, ginjal menyaring darah hingga empat kalilipat tingkat normal.Sehingga jikatidak mengkonsumsi makanan tinggi folatatau suplemen asam folat secara teratur, secara relatifakan terjadi kekurangan asam folat.Oleh karena itu konsumsi makanan tinggi folat dan suplementasi folat secara rutin sangat penting.
 

 
Makanan yang tinggi kandungan folat antara lain bayam, asparagus, labu, tiram, wortel, okra, brokoli, dan hati. Makanan lain yang juga tinggi folatadalah beras, unggas, daging, telur, kacang-kacangan, dan produk susu.Walaupun efek samping dari kelebihan asam folat sangat jarang terjadi, penting untuk mengingat bahwa konsumsi asam folat secara berlebihan tidak semata-mata baik adanya. Konsumsi suplemen asam folat anda sesuai petunjuk dokter anda, dan ingat untuk tetap mempertahankan konsumsi makanan tinggi folat.
 
Folat mungkin bukan pengobatan infertilitassecara langsung, tetapi suplementasi folat terbukti berkaitan dengan kualitas sel telur dan pembentukan sperma. Selain itu folat juga memiliki peran penting dalam mempersiapkan kehamilan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s