5 Makanan yang Tidak Boleh Dimakan Bersamaan

Jenis makanan apa yang paling Sahabat Hawa sukai? Sayuran hijau atau buah-buahan segar? Bila sahabat Hawa suka mengkombinasikan jenis makanan, apakah aman untuk tubuh kita? Pasti sahabat Hawa pernah mendengar untuk hindari konsumsi udang bersamaan dengan jeruk. Kenapa hal ini tidak baik? Apakah hanya mitos? Berikut adalah beberapa daftar makanan yang tidak dianjurkan untuk dimakan bersamaan.
1. Semangka & Daging
Siapa yang suka konsumsi daging dikombinasikan dengan jus semangka? Ternyata ini merupakan kombinasi makanan yang kurang baik. Semangka masuk dalam kategori buah yang dingin untuk tubuh sebaliknya daging-dagingan merupakan makanan panas. Menggabungkan jenis makanan panas dan jenis makanan dingin mengakibatkan gizi dari daging yang dikonsumsi tidak maksimal diserap ttubuh. Bahkan makanan kombinasi ini tak baik dikonsumsi bagi penderita Asthenia Limpa dan dapat mengganggu jantung.
 
2. Roti & Selai
Jenis makanan seperti roti memang sangat cocok untuk sarapan. Mengkombinasikan jenis makanan roti dengan keju atau coklat sangat mengenyangkan. Namun roti ini memiliki efek yang kurang baik bagi kesehatan karena mengandung karbohidrat olahan yang menaikkan gula darah secara drastis di pagi hari. Bila jenis makanan ini dikonsumsi rutin setiap hari akan dapat berpotensi gangguan pada pankreas yang menghasilkan insulin sehingga bisa timbul penyakit diabetes. Sahabat Hawa bisa kombinasikan jenis makanan roti dengan telur dan beberapa irisan tomat serta lembaran selada yang sehat.
3. Udang & Jeruk
Pasti Sahabat Hawa pernah mendengar bahwa konsumsi udang dan es jeruk berbahaya bagi tubuh kan? Dilansir health.detik, mengkonsumsi udang bersamaan dengan es jeruk dapat menimbulkan gangguan kesehatan bahkan yang paling fatal bisa menimbulkan kematian mendadak. Jansen Ongko, MSc, RD seorang pakar nutrisi menjelaskan risiko serius ini bisa dialami karena jenis makanan seperti udang mengandung Arsenic Pentoxide (As2O5) dan bila bertemu dengan tambahan suplemen yang mengandung vitamin C menjadi reaksi kimia di dalam perut. “Reaksi tersebut mengubah As2O5 menjadi Arsenic Trioxide (As2O3) yang berbahaya bagi tubuh,” Meski begitu ia juga menegaskan bahwa hal ini bergantung dari berapa jumlah dosis yang dikonsumsi. Bila dikonsumsi dalam jumlah yang wajar tentu tidak akan menimbulkan reaksi bahaya dan kematian mendadak.
4. Kepiting & Teh
Nah kalau makan seafood rasanya tidak lengkap memilih jenis makanan yang satu ini. Yap! Kepiting merupakan menu wajib diatas meja. Rasanya yang gurih dan sensasi memakannya dengan capitan khusus ini memang memiliki cara makan tersendiri. Namun ternyata mengkonsumsi jenis makanan seperti kepiting tidak dianjurkan berdampingan dengan minum teh.
Tahukah sahabat Hawa, saat konsumsi kepiting, cairan di area lambung akan diolah bersama teh yang mengandung asam tannic. Hal ini dapat mengganggu proses asimilasi dan menyebabkan gangguan pencernaan karena lambung jadi tidak bekerja maksimal.
Source: Berbagai Sumber

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s