Ini Penyebab Phantosmia Alias ‘Bau Hantu’

Pernah nggak sih sahabat hawa mencium aroma yang asing di sekitar kamu seperti wangi melati, bunga-bunga, atau bahkan bau bangkai. Nah, bagi sebagian orang hal ini dianggap sebagai fenomena adanya makhluk halus alias hantu yang sedang berada di dekat kita. Namun Bagi kalangan medis menyebut fenomena tersebut merupakan gejala phantosmia alias si bau hantu. Berikut penjelasan lengkapnya. 
 

 
Apa penyebab phantosmia?

Dilansir dari Medical News Today, phantosmia disebabkan oleh halusinasi indra penciuman atas bau tertentu. Aroma tersebut dirasakan bervariasi dari satu orang dengan orang lainnya, tergantung pada pengalaman pribadi.

Ada yang mencium aroma roti panggang yang terbakar, logam, bau kimia, hingga wangi bunga. Kondisi tersebut di Indonesia paling sering diasosiasikan dengan tanda keberadaan makhluk halus.

Para ahli medis belum dapat menemukan penyebab pasti atas kondisi ini. Namun, adanya gangguan pada hidung atau kondisi tertentu pada sistem saraf atau otak disinyalir merupakan penyebab tersering dari phantosmia.


Phantosmia juga bisa disebabkan karena adanya masalah pada otak atau saraf, seperti:

  • Epilepsi atau kejang
  • Trauma kepala
  • Migren, yang mana phantosmia bisa menjadi aura
  • Penyakit Parkinson
  • Skizofrenia
  • Depresi
  • Stroke
  • Obat-obatan tertentu
 
Ketika phantosmia terkait dengan masalah pada hidung, orang mungkin mencium bau yang lebih kuat di satu lubang hidung daripada yang lain. Namun, saat phantosmia berhubungan dengan otak atau sistem saraf pusat, baunya bisa terasa lebih sering. Penderita phantosmia dapat merasakan bau pada siang dan malam dari kedua lubang hidung.
 
 
 
 
 
 
 
 
Source: Klikdokter

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s