8 Bahasa Tubuh Pria Saat Berbohong

Dibalik Bahasa tubuh selalu memiliki arti. Tak heran banyak para wanita yang sering melihat Bahasa tubuh saat ingin mengetahui sifat pria. Sifat pria yang paling sering membuat penasaran adalah bagaimana pria menyembunyikan sesuatu. Pria dianggap memiliki sifat berbohong yang sulit untuk diketahui oleh para kaum hawa. Berikut 8 bahasa tubuh dari sifat pria yang wajib diketahui saat ia tengah berbohong.
 
1. Mengangkat Tangan dan Bahu
 
Sifat pria yang suka berbohong cenderung memiliki Bahasa tubuh misalnya mengangkat tangan dan kedua bahunya. Secara psikologi, sifat pria ketika berbohong ini mengartikan bahwa ia sendiri tak paham apa yang sebenarnya terjadi. Bahasa tubuh ini juga menunjukkan bahwa pria ingin mencoba meyakinkan lawan bicaranya agar tidak perlu curiga berlebihan.  
 
2. Menggaruk Sekitar Hidung
 
Menyentuh area sekitar hidung secara psikologi selalu dikaitkan dengan mengungkap kebohongan. Termasuk halnya ketika Sahabat Hawa ingin mengetahui sifat pria apakah ia tengah menyembunyikan sesuatu. Dilansir dosenpsikologi, otak nantinya mengeluarkan katekolamin yang mengakibatkan jaringan saraf pada hidung membengkak sehingga terasa gatal, panas, hingga akhirnya pria akan menggaruk sekitar hidung menjadi lebih sering.
 
3. Perhatikan Pandangan
 
Sifat pria yang suka berbohong juga bisa dilihat dari Bahasa tubuh seperti melalui matanya. Perhatikan lawan bicara melalui matanya. Bila pria sedang berbohong, biasanya sang pria dengan mudah memalingkan pandangan dari orang yang bertanya serius padanya. Mengalihkan pandangan dianggap menjadi bentuk sikap seorang pria ketika berusaha menyembunyikan sesuatu.
 
4. Menyentuh Sekitar Wajah
 
Menyentuh area sekitar wajah juga bisa mengungkap bahwa sifat pria tengah menyembunyikan sesuatu. Ini masih berkaitan juga bila pria yang suka berbohong ia akan menyentuh hidung dan area wajah. Raksi gugup yang tak bisa dikendalikan dan mengatasi stress atas pertanyaan yang mengarah padanya. Selain itu, ia juga dengan cepat menggerakan kepalanya ketika ingin berbohong seperti melihat ke bawah, berpaling atau memiringkan kepalanya ke salah satu sisi.
 
5. Perubahan Suara
 
Nada suara juga bisa mengungkap sifat pria yang sedang menyembunyikan sesuatu. Bisa jadi nadanya agak berbeda dari biasanya. Misalnya agak berintonasi tinggi, berteriak bahkan tidak banyak kata yang ia ungkapkan. Sementara saat pertanyaan sudah dilayangkan kepada si pria, ia kemudian akan mengeluarkan suara nafas seolah sebagai tanda lega karena sudah selesai menjelaskan. Bahkan setelahnya sang pria akan bersikap baik juga lho diwaktu bersamaan.
 
6. Menghindari Sentuhan
 
Pria yang tengah berbohong juga berusaha menghindar misalnya tidak ingin bersentuhan dengan lawan bicara. Menghindari kontak fisik saat Sahabat Hawa ingin mengambil sesuatu, kemudian melangkah atau sekedar bergerak, maka ia akan tampak ketakutan dan melakukan gerakan seperti menghindar.
 
7. Menggosok Area Mata
 
Masih dari Bahasa tubuh di area wajah yaitu mengungkap Bahasa tubuh pria yang sedang berbohong dengan melihat gerakan tangan yang menggosok area mata. Ketika sedang berbohong, maka area di sekitar mata akan terasa gatal seperti yang terjadi pada hidung. Sifat pria yang suka berbohong ini ternyata cukup mudah dideteksi hanya dengan melihat sekitar area wajahnya ya.
 
8. Tersenyum Palsu Hingga Tertawa
 
Mungkin sifat pria yang suka berbohong juga menganggu pasangan. Perhatikan bagaimana ia berkomunikasi dan tatap fokus matanya atau area wajahnya. Pria yang berbohong juga cenderung tertawa hingga mengeluarkan senyuman padahal area mata tetap terlihat menyembunyikan sesuatu atau resah. Mendeteksi sifat pria yang suka berbohong memang tak hanya dari Bahasa tubuh saja namun juga bagaimana kita melontarkan pertanyaan kepadanya dan pintar melihat reaksi apa yang ditimbulkan.
 
 
 
 
 
 
 
 
 
Source: Dosen Psikologi 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s