Kenali 5 Perubahan Sifat Ibu Hamil

Ibu hamil biasanya dipengaruhi hormon selama kehamilan. Mood swing ibu hamil emosinya pun naik turun hingga kadang membuat para suami kewalahan menghadapi perubahan ini. Biasanya ada beberapa hormon yang berpengaruh terhadap perubahan sifat dan sikap ibu hamil. Yuk ajak suami untuk mengenali perubahan sifat ibu selama kehamilan.
 
1. Lebih Sensitif
 
Siapa sahabat Hawa yang setuju dan mengalami hal ini selama kehamilan? Ya! Ibu hamil memang akan mengalami sensitif terhadap banyak hal. Misalnya sensitif bila ada yang bicara tak enak dihati padahal mungkin hal yang disampaikan biasa saja. Bahkan ibu hamil juga bisa sensitif terhadap aroma disekitar lho. Aroma masakan, aroma parfum, aroma dapur, bahkan ada ibu hamil yang juga kurang suka dengan aroma suaminya. Namun hal ini merupakan hal yang wajar karena ibu hamil akan dipengaruhi hormon progesteron sehingga membuat ibu hamil cenderung sensitif. Yang paling terpenting antara suami dan istri harus tetap saling menghargai dan mengerti satu sama lain. 
 
2. Sering Lapar
 
Ibu hamil juga sering dianggap “rakus” oleh sebagian orang karena ingin cemil sana sini. Padahal bawaan kehamilan setiap ibu hamil berbeda-beda. Merasa lapar adalah hal yang kebanyakan dialami oleh ibu hamil dan itu normal. Meskipun keinginan makan sangat besar, sebenarnya ada pula ibu hamil yang tidak bisa banyak makan. Artinya mereka memiliki keinginan namun perutnya menolak makan terlalu banyak. Tak jarang setelah makan, ada ibu hamil yang mual hingga muntah atau yang biasa disebut morning sickness. Rasa lapar pada ibu hamil ini juga sebenarnya baik untuk memenuhi kebutuhan nutrisi pada janin yang dikandungnya. Jadi makanan yang dikonsumsi ibu hamil pada dasarnya tidak dikonsumsi sendiri namun juga berdua bersama janin. Sebagai suami, perlu dibantu agar apa yang dikonsumsi istri selama hamil adalah makanan yang sehat seperti perbanyak serat juga makanan yang kaya akan asam folat karena baik untuk perkembangan janin.
 
3. Mudah Kelelahan
 
Nah siapa yang juga sering merasakan hal ini selama hamil? Tenang saja karena ibu hamil seiring bertambahnya usia kehamilan akan semakin bertambah berat badan sehingga mudah merasa kelelahan. Meskipun berat ibu hamil tak kunjung naik namun pastikan janin terus berkembang ideal sesuai usia kandungan. Mudah lelah adalah hal yang juga wajar dialami ibu hamil. Solusinya ibu hamil tidak mengerjakan banyak pekerjaan di satu waktu yang sama. Jika sebelum hamil terbiasa multitasking di rumah, coba yuk untuk lebih pelan, menikmati, dan jangan dibawa stress. Ibu hamil harus tetap rileks selama kehamilan. Disinilah para suami mulai harus mengerti posisi ibu hamil dengan cara membantu tugas rumah tangga atau hal sederhana misalnya membuatkan sarapan. Meskipun pekerjaan ringan sekalipun, ibu hamil pasti akan merasa kelelahan. Jadi para suami bisa mulai membantu selama istri dalam kondisi hamil ya.
 
4. Lebih Peka
 
Pada dasarnya kaum hawa memang penuh kasih sayang. Bahkan selama kehamilan pun, ibu hamil akan lebih peka, memiliki rasa empati hingga aware terhadap kondisi kesehatan. Hormon oxytocin inilah yang turut berperan untuk perubahan sifat ibu hamil. Bahkan ibu hamil cenderung menjadi lebih perhatian, lebih keibuan. Namun dibalik ini, ibu hamil juga membutuhkan perhatian dan kasih sayang lebih dari sang suami. Hal sederhana dari suami tentu akan membuat ibu hamil merasa berharga dan membuatnya bahagia. Jadi khusus menanggapi sifat istri yang berubah saat hamil adalah suami lebih peka juga terhadap kebutuhan istrinya ya. 
 
5. Merasa Malas
 
Jangan heran bila ibu hamil mendadak jadi tidak bisa mengerjakan pekerjaan “domestik”nya dirumah. Menyapu, mengepel lantai, cuci pakaian dan lainnya bahkan bisa saja tak tersentuh. Ibu hamil yang mudah lelah akan cenderung istirahat seharian di Kasur tanpa melakukan hal apapun. Ini hal yang wajar dan normal karena pengaruh hormon yang berubah selama kehamilan. Posisi seperti ini, suami pun harus mengerti dengan membantu sedikit tugas ibu hamil dirumah sebisanya. Hindari marah pada ibu hamil. Ingat! Istri sebelum hamil juga terbiasa melakukannya semua sendirian kan? 
 
Nah disaat hamil ini, ia benar-benar tidak bisa melakukannya sendirian. Jadi cobalah mengerti posisi ini.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s