Catat! Ini Kekurangan dan Kelebihan Orang Extrovert

Setiap manusia dikarunia karakter yang unik dan berbeda. Ada seseorang dengan karakter tertutup atau yang biasa dikenal dengan introvert dan adapula dengan karakter terbuka seperti extrovert. Secara umum ciri orang extrovert mudah bergaul, senang bersosialisasi, penuh semangat, penuh percaya diri, sigap hingga senang menjadi pusat perhatian. Kali ini Sahabat Hawa bisa mengetahui dan mengenal lebih jauh mengenai karakter orang extrovert. Lalu apa sajakah kelebihan dan kekurangan orang yang memiliki karakter extrovert ini?
 
1. Kelebihan Sosialisasi
Orang extrovert cenderung memiliki sifat yang ceria dan ramah sehingga cukup mudah baginya menemukan relasi baru dan banyak teman. Bahkan orang extrovert juga senang aktif dalam kegiatan organisasi yang membuat mereka bisa berinteraksi dengan banyak orang. Berkenalan dengan orang baru merupakan hal yang biasa dilakukan dan bukan menjadi suatu kesulitan. Orang extrovert juga dikenal memiliki kemampuan sosial tinggi dan sangat peduli terhadap sekitarnya.
 

 
2. Kelebihan Menjadi Pembicara
Seringkali orang extrovert cenderung vokal dalam sebuah perkumpulan. Mereka akan dengan mudah menjelaskan pendapatnya dimuka forum saat sedang diskusi terbuka. Untuk itu, orang extrovert ini selalu cocok dalam profesi tampil didepan layar dan di muka umum, misalnya menjadi MC (Master of Ceremony), juru bicara, penyiar radio, wartawan, dll. 
 
3. Kelebihan Dalam Multitasking
Orang extrovert sangat sigap dan dikenal senang menyibukkan diri. Dalam kegiatan organisasi pun orang extrovert mampu mengerjakan beberapa pekerjaan dalam waktu bersamaan. Bahkan tak jarang ia lebih cepat mengerjakan tugas-tugasnya dibandingkan yang lain. Orang extrovert memang selalu senang tampil menonjol dan terlihat didepan teman-temannya. Namun kelebihannya multitasking bagi orang extrovert adalah ia akan sangat diandalkan oleh temannya.
 
4. Kekurangan Terlalu Banyak Bicara
Orang extrovert memang memiliki karakter yang terbuka namun saking senangnya bicara, ia kadang tidak dapat mengontrol keadaan. Pembawaannya sangat rentan akan pengaruh dunia luar. Hal ini karena orang extrovert sangat mudah bergaul sehingga memicu terjadinya lost control saat berkomunikasi dengan orang disekitarnya bahkan dengan orang baru sekalipun. 
 
5. Kekurangan Sikap Ceroboh
Orang extrovert memiliki kecenderungan yang ceroboh karena ia sangatlah spontan dalam bertindak. Kurang berpikir panjang sebelum berbicara. Ada beberapa orang extrovert yang memiliki karakter bermuka dua. Kemampuannya pandai berbicara manis namun ternyata berbicara tidak enak dari belakang. 
 
6. Kekurangan Haus Pujian
Kelebihan extrovert yang senang menjadi pusat perhatian ini ternyata juga sebanding dengan kekurangannya yang haus akan perhatian dan pujian dan teman sekitar. Karena memiliki percaya diri yang penuh, orang extrovert cenderung memiliki banyak skandal dalam hidupnya.
 
 
 
 
 
 
 
 
Source: DosenPsikologi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s