Beberapa Penyebab Keputihan Bercampur Darah Setelah Haid

Pernahkah Anda mengalami keadaan dimana keputihan yang bercampur darah sesaat selesai haid? Biasanya 8-11 hari setelah haid selesai. Mungkin hal ini akan membuat kebanyakan wanita panik dan mengira-ngira hal buruk telah terjadi.
 
Apa Penyebabnya?
 
1. Tanda Bahwa Kamu Subur
 
Jika  memiliki rencana untuk hamil, maka tanda bercak darah sehingga lendir yaang keluar berubah menjadi merah muda atau sedikit coklat adalah kabar baik karena kamu memasuki masa subur. Ketika sel telur telah terbentuk dan akan dilepaskan, proses tersebut mengakibatkan beberapa darah ikut terbawa oleh lendir yang dihasilkan penyebab benjolan di kelamin wanita. Normalnya, keadaan ini akan berlangsung selama 2-3 hari saja. 
 

 
2. Sisa Darah Menstruasi
 
Masa keputihan dapat menghambat menstruasi yang hampir selesai terkadang membuat ada darah belum hilang atau terbuang. Ini dikarenakan sistem reproduksi belum teratur dalam peralihan dari menstruasi. Sehingga wajar terjadi jika beberapa darah bercampur dengan lendir atau cairan yang dihasilkan oleh kemaluan wanita.
 
3. Stres
 
Jika keputihan bercampur darah dengan ditandai perubahan warna sedikit cokelat atau merah muda, maka bisa jadi stres menjadi salah satu penyebabnya. Stres dapat menyebabkan siklus menstruasi terganggu dan tidak teratur. Sehingga terkadang wanita mengalami telat datang bulan karena stres tersebut. Alhasil, apabila telah selesai haid, bisa jadi lendir masih bercampur dengan darah haid karena terganggungnya siklus menstruasi.
 

 
4. Kista Ovarium
 
Kista ovarium menjadi penyebab keputihan kamu. Kista terbentuk pada ovarium dan menjadi bagian siklus menstruasi. Gejala kista ovarium tersebut dapat semakin membesar dan membuat lendir bercampur darah jika telah pecah. Beberapa gejala lain dari kista ovarium selain menyebabkan lendir berdarah yaitu sakit pada panggul. Penghilangan kista ini dapat dilakukan dengan operasi pengangkatan sehingga tidak memberikan efek kesehatan yang lebih parah.
 
5. Penyakit Radang Panggul
 
Jika kamu mendapati keputihan setelah operasi kista bercampur darah juga bisa sering terjadi, maka ada kemungkinan hal itu merupakan gejala dari penyakit radang panggul. Penyakit ini biasanya disebabkan oleh bakteri dari penyakit seksual menular. Sehingga, apabila kamu merasakan sakit pada panggul, keputihan bercampur darah setelah haid, dan pendarahan tidak teratur, maka segera periksakan diri ke dokter sebelum menimbulkan masalah yang cukup serius.
 
 
 
 
 
 
 
 
Source: DrSpkk

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s