Takut Nggak Bisa Hamil? Kenali Ciri-ciri Wanita Subur

Apakah bisa hamil? Mungkin pertanyaan ini akan muncul pada masa-masa kamu ingin memiliki anak. Tenang, ada beberapa tanda yang akan membantu mengetahui kondisi kesuburanmu. Hilangkan kecemasanmu dengan mempelajari ciri-ciri berikut!
 
1. Menstruasi Normal 
 
Ciri-ciri wanita subur dapat dilihat dari gejala yang dialami selama menstruasi. Gejala atau keluhan selama menstruasi normal dapat mengindikasikan kesuburanmu. Kram perut sering menjadi keluhan selama PMS (premenstrual syndrome), namun rasa nyeri yang parah dan mengganggu aktivitas bisa saja suatu gejala penyakit pada organ reproduksi.
 
2. Berat Badan Normal 
 
Pernahkan mendengar saran dokter untuk menurunkan atau menaikkan berat badan bagi wanita yang sulit hamil? Rekomendasi tersebut diberikan sebab berat badan berhubungan dengan kesuburanmu. Wanita dengan berat badan terlalu kurus atau terlalu gemuk lebih berisiko untuk memiliki masalah kesuburan. Lemak tubuh berlebih dapat mengganggu keseimbangan hormon yang dibutuhkan selama ovulasi dan menghambat perkembangan embrio. Sedangkan berat badan kurang dapat mempersulit kehamilan karena tubuh akan lebih fokus untuk menyimpan energi agar dapat bekerja sebagaimana mestinya. Kondisi ini akan mengganggu ovulasi.
 
3. Tidak Terdapat Masalah Fibroids atau Endometriosis
 
Rasa sakit yang parah pada pelvis selama menstruasi bisa saja ternyata merupakan gejala adanya endometriosis, yaitu kondisi jaringan yang seharusnya berada di dalam rahim justru tumbuh di luar rahim. Penyakit ini sering disertai masalah kesuburan. Tak hanya endometriosis, fibroid atau tumor di rahim dapat pula mengganggu kesuburan dengan menghambat pertumbuhan dan perkembangan janin normal. Kedua kondisi ini untungnya dapat ditangani dan tidak selalu menyebabkan ketidaksuburan. Namun, ada tidaknya kedua penyakit ini dapat memberikan petunjuk mengenai kesuburanmu.
 
4. Kondisi Hormon Normal
 
Wanita yang subur memiliki hormon yang bekerja dengan normal. Tanda fluktuasi hormon pada wanita dapat mengindikasikan potensi masalah kesuburan.
 
Segera konsultasikan dengan dokter jika kamu mengalami gejala berupa gangguan pada kulit, penurunan gairah seksual, pertumbuhan rambut di wajah, penipisan rambut, atau adanya kenaikan berat badan secara drastis dan mendadak.
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
Source: Yesdoc

Satu pemikiran pada “Takut Nggak Bisa Hamil? Kenali Ciri-ciri Wanita Subur

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s