Mitos atau Fakta, Mengucapkan ‘Amit-amit Cabang Bayi’ Saat Hamil?

Setiap kehamilan pasti memiliki cerita tersendiri. Termasuk misalnya mitos kehamilan yang seringkali membuat bingung. Ketika hamil, banyak wanita hamil yang percaya tidak percaya dengan mitos kehamilan. Misalnya saja mengucapkan amit-amit jabang bayi ketika melihat sesuatu yang dianggapnya mengerikan. Dilansir kompasiana, kalimat amit-amit jabang bayi ini sebenarnya berarti lindungilah jabang bayi ini dari segala macam gangguan, supaya dapat lahir dengan selamat, tanpa kurang suatu apapun. Namun sebenarnya apakah perlu mengucapkan kalimat tersebut sementara kalimat ini juga masih menjadi sebuah mitos kehamilan?

Mitos Kehamilan

Segala sesuatu yang tidak ada sumber secara keilmuan baik agama maupun pengetahuan secara umum dapat dikatakan sebagai mitos kehamilan. Artinya hal ini tidak wajib diucapkan oleh ibu hamil. Setiap kehamilan memang perlu menstimulasi dengan hal positif, berdoa kepada Tuhan demi keselamatan ibu dan bayi hingga persalinan. Mitos kehamilan amit-amit jabang bayi memang sering diucapkan sambil tangan mengelus perut dengan harapan anak tidak menyerupai apa yang dilihat sang ibu. Namun melalui tindakan ini sebenarnya ibu perlu membaca doa positif untuk keselamatan ibu dan bayi.

Mitos VS Fakta

Meskipun mengucapkan amit-amit jabang bayi ini merupakan mitos kehamilan namun faktanya masih banyak ibu hamil secara turun temurun yang masih melakukan hal ini. Meski dilakukan secara sadar ataupun tak sadar, mitos kehamilan ini bisa diucapkan ibu hamil dimanapun dan kapanpun berada. Saat dikantor, dijalan, dirumah saat menyaksikan tayangan televisi, dan lain-lain. Namun sebaiknya ibu hamil tetap menstimulasi dirinya secara positif sambil berdoa untuk keselamatan bayi.

Stimulasi Hal Positif

Ibu hamil sebaiknya banyak menambah ilmu mengenai proses persalinan, cara merawat bayi baru lahir dan menstimulasi hal-hal positif untuk persiapan kelahiran. Ibu hamil juga lebih baik banyak rileks membaca buku favorit, mendengarkan musik favorit dan berkegiatan positif bersama teman maupun pasangan bersama. Melalui kegiatan positif ini ibu hamil akan berusaha selalu hidup tanpa tekanan. Untuk itu mitos kehamilan tidak perlu terlalu menjadi patokan akan bayi. Yang utama adalah kekuatan pikiran ibu hamil.

Source: Berbagai Sumber

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s