Tips Hadapi Suami yang Hobi Bicara Kasar

Hubungan rumah tangga selalu dibumbui banyak drama. Namun sebenarnya drama rumah tangga ini merupakan proses belajar yang sangat alamiah. Seperti halnya cobaan dari rumah misalnya tak selalu datang dari eksternal. Bisa saja cobaan yang cukup membatin datang dari suami. Mulai dari kasus rumah tangga dimana suami selingkuh hingga suami yang rela berkata kasar bahkan sampai suami yang temperamental. Kondisi ini memang berat bila harus dirasakan istri setiap hari. Belum lagi hadirnya anak justru membuat istri ada rasa khawatir karena anak bisa saja meniru perilaku buruk sang suami. Berikut tips menghadapi suami yang hobi bicara kasar.
 
Kasar = Tidak Pantas
 
Bagaimanapun kasar dalam rumah tangga bukan merupakan hal yang dibenarkan. Seperti dilansir wolipop, seorang psikolog Ratih Ibrahim mengungkapkan bahwa perkataan serta perlakuan kasar suami bukan hal yang pantas dilakukan. Hal ini karena istri juga memiliki hak untuk dihargai, dihormati, dan diperlakukan dengan pantas. Membiarkan sikap dan ucapan suami yang kasar ini justru akan semakin memperburuk kondisi rumah tangga. Akibatnya tindakan kasar suami bisa berpotensi berulang terus-menerus. “Kondisi ini berdampak buruk untuk kesehatan mental diri serta mengancam pernikahan,” ucapnya.
 
Awal Mula Perilaku Kasar
 
Menjalani rumah tangga dengan suami tentu sebagai istri sedikit demi sedikit mengenal kepribadian sang suami. Cari tahu kapan awal mula suami suka berbicara kasar. Hal ini bisa karena trauma masa lalu dimana ia sebagai laki-laki dulunya tak mampu mengelola emosi dengan baik. Memahami dan berusaha menerima perlakuan suami merupakan hal yang berbeda. Menurut psikolog Kasandra Putranto,”Ada orang-orang tertentu yang memiliki sifat keras baik itu diturunkan dari ayah atau ibu. Sifat itu lahir dari cara mereka dibesarkan, misalnya orangtua yang cenderung otoriter dan suka mengatur orang lain,” Untuk itu sebagai istri, cobalah mengetahui lebih dalam mengenai karakter suami agar bisa dikomunikasikan dengan baik.
 
Komunikasikan Sebagai Bentuk Kepeduliaan
 
Mencari waktu serta tempat yang tepat dan duduk bersama untuk diskusi serius mengenai hal tersebut. Mulai dengan memberitahukan bahwa sebagai istri peduli pada suami namun tidak senang dengan cara memperlakukannya seperti bicara kasar. Utarakan dari hati bahwa apa yang dikatakan suami berpengaruh terhadap perasaan Anda dan bila terus dilakukan akan berdampak pada rumah tangga yang tidak harmonis. Jelaskan contoh perilaku atau kata-kata yang kasar apa saja yang menyakiti Anda sebagai istri.”Terus ingatkan kembali dirinya secara konsisten ketika ia mengulangi kembali perilaku yang bersifat merendahkan / tidak menghargai Anda,” Jelas Psikolog Ratih Ibrahim.
 
 
 
 
 
 
 
 
Source: Berbagai Sumber

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s