Tips Hamil di Usia 35 Tahun ke Atas

Alasan paling umum yang memicu penurunan kesuburan saat seorang wanita semakin bertambah usia adalah frekuensi ovulasi yang semakin jarang. Ketika perempuan bertambah usianya, mereka akan mengalami beberapa siklus di mana sel telur tidak dilepaskan. Kualitas dan kuantitas sel telur juga menurun ketika perempuan berusia sekitar 30-40 tahun. 
 

 
Seperti kabar bahagia yang baru saja diketahui yakni kehamilan Istri Pangeran Harry, Duchess of Sussex Meghan Markle yang hamil anak pertamanya di usia 37 tahun.
 
Dilansir dari WebMD, pakar kesehatan menyarankan wanita yang hamil di usia lebih dari 35 tahun seperti Meghan untuk mengonsumsi vitamin pendukung kehamilan dan asam folat. Kandungan asam folat yang dikonsumsi sebaiknya mencapai 400 mikrogram di trimester pertama kehamilan demi mencegah gangguan perkembangan bayi di dalam kandungan. 
 
Selain itu, Meghan juga disarankan untuk selalu melakukan kontrol kehamilan secara rutin dan melakukan tes TLC untuk mengetahui jumlah sel darah putih di dalam tubuhnya. Dengan pemeriksaan yang teratur, maka ibu hamil bisa mencegah datangnya diabetes gestasional.
 
Ibu hamil dengan usia lebih dari 35 tahun juga diminta untuk menjaga pola makan yang sehat seperti dengan memperbanyak asupan sayur dan buah-buahan, gandum, kacang-kacangan, susu rendah lemak, dan daging tanpa lemak. 
 
Selain itu, mereka juga sebaiknya menjaga kenaikan berat badan agar tidak berlebihan. Menurut pakar kesehatan, ada baiknya ibu hamil menjaga kenaikan berat badannya maksimal 7 hingga 16 kg saja. Jika sampai kenaikan berat badan berlangsung dengan berlebihan, maka risiko untuk terjadinya diabetes serta hipertensi gestasional akan meningkat.
 
 
 
 
 
 
 
Source: Dokter Sehat

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s