Ssstt! Ini Perilaku ‘Jorok’ Wanita Saat Sedang Haid

Setiap wanita normal akan melewati siklus menstruasi sehat rentang 21-35 hari hingga bertemu di jadwal haid bulan berikutnya. Haid merupakan hal yang alamiah terjadi pada wanita dan dapat menjadi tolak ukur sehatnya reproduksi pada wanita. Menstruasi sehat juga biasanya terjadi selama 4 hingga 7 hari lamanya. Namun tak disangka bahwa masih banyak yang melalui masa haid secara tidak sehat. Perilaku jorok saat haid ini sebenarnya bisa berakibat pada kesehatan reproduksi kita sendiri. Untuk itu menstruasi sehat sangatlah diperlukan. Berikut 4 perilaku “jorok” wanita saat sedang haid.

  1. Tidak Mengganti Pembalut

Ketika aktifitas diluar rumah cukup menyita waktu, seringkali sebagai wanita yang tengah haid kesulitan dimana harus mengganti pembalut. Padahal mengganti pembalut sangatlah penting. Mengganti pembalut minimal dilakukan 3 hingga 5 kali dalam sehari. Meskipun tak ada aturan khusus, hal ini bisa disesuaikan dengan banyaknya volume haid. Misalnya hari pertama akan mulai volume darah yang lebih banyak. Seiring seesainya masa haid, tentu volume darah haid akan semakin berkurang.

  1. Cuci Tangan

Saat akan mengganti pembalut maupun setelah mengganti pembalut sudah seharusnya cuci tangan terlebih dahulu. Haid merupakan darah kotor yang keluar dan kadang tanpa sadar wanita seringkali terburu-buru usai mengganti pembalut. Biasakan cuci tangan sebelum dan setelah mengganti pembalut dengan cairan pencuci tangan. Bila perlu pilih cairan pencuci tangan anti bakterial yang membunuh kuman. Ingat! Tangan merupakan sumber kotoran juga lho!

  1. Rutin Mengganti Celana Dalam

Saat haid mungkin yang terpikir hanya mengganti pembalut saja. Padahal mengganti celana dalam rutin juga perlu dilakukan untuk menjaga kebersihan organ reproduksi. Kondisi vagina yang lembab bisa saja dipenuhi bakteri jahat dan bisa bersarang di area organ kewanitaan. Disarankan pilih celana dalam bahan katun dan pilih celana yang agak longgar agar organ intim ini bisa bernafas.

  1. Bersihkan Organ Intim

Siapa bilang hanya dengan mengganti pembalut saja sudah cukup? Sebelum menggantinya dengan pembalut baru, bersihkan dahulu vagina. Bisa saja darah masih ada terselip diantara lipatan vagina atau di selah-selah vagina. Tanpa kita sadari perilaku ini penting dilakukan untuk mendapatkan menstruasi sehat. Basuh dengan air bersih diseluruh area vagina. Membersihkan vagina saat haid ini juga membantu mengurangi aroma tak sedap di vagina.

Ssssttt! pernah melakukan salah satunya nggak nih sahabat hawa?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s