Wanita Karir Lebih Rentan Terkena Diabetes?

Duduk di depan laptop lebih dari delapan jam merupaka hari-hari yang dijalani seorang wanita karir, dimana aktifitas di kantor mengharuskan kita hanya di depan layar komputer dan minim gerakan fisik. Belum lagi jika kita sering mengonsumsi camilan manis dan asin saat bekerja yang tanpa disadari akan menimbulkan lemak dan menimbun kalori yang banyak.
 
Tahukah sahabat Hawa, Dalam penelitian yang dipublikasikan hasilnya dalam jurnal berjudul BMJ Open Diabetes Research and Care ini, dihasilkan fakta bahwa wanita yang bekerja dengan waktu 45 jam atau lebih setiap minggunya memiliki risiko terkena diabetes 63 persen lebih besar dibandingkan dengan wanita yang bekerja selama 35-64 jam saja dalam seminggu. Fakta ini terungkap setelah para peneliti mengecek kondisi kesehatan 7.065 warga Kanada selama 12 tahun. 
 
Selain faktor pola makan dan jam kerja, para peneliti juga mengecek kebiasaan merokok, berolahraga, mengonsumsi minuman beralkohol, dan indeks massa tubuh. Hanya saja, saat dibandingkan dengan data yang didapatkan pada laki-laki pekerja, hasilnya ternyata cukup berbeda jauh.
 

 
Para peneliti mengaku belum mengetahui alasan mengapa peningkatan risiko diabetes pada pria pekerja tidak sama dengan wanita pekerja. Hanya saja, mereka menduga jika hal ini terkait dengan wanita karier yang juga masih harus menyelesaikan banyak pekerjaan rumah, sesuatu yang tidak dilakukan oleh kebanyakan pria pekerja yang langsung beristirahat setelah berada di rumah.
 
Selain itu Penelitian ini juga mengungkap sebuah fakta unik, yakni pekerja yang mendapatkan gaji lebih sedikit namun tetap bekerja dengan keras juga memiliki risiko diabetes yang lebih tinggi dibandingkan dengan mereka yang bekerja dengan gaji yang lebih banyak. Bisa jadi hal ini juga terkait dengan stres dan ketidakpuasan yang jauh lebih besar.
 
Bagaimana menurut sahabat Hawa? 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
Source: Doktersehat 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s