Sebelum Terjadi, Cegah Kista Ovarium dengan Cara Ini

Meskipun belum ada penelitian kedokteran secara 100 persen yang mengungkapkan apa penyebab kista ovarium pada wanita. Namun, sahabat Hawa bisa mencegah kista ovarium tubuh dalam rahim kamu dengan cara berikut ini:
kista
 
1. Melakukan pola hidup sehat
 
 Rajin berolahraga dan istirahat cukup merupakan contoh dari cara melakukan pola hidup sehat yang bisa kamu lakukan. Dengan kamu menjalani pola hidup yang sehat, tentu metabolism tubuh dan keseimbangan kesehatan fisik dan pikiran dapat terjaga. Hal ini juga akan turut membantu mencegah munculnya penyakit, tidak hanya mencegah kista ovarium melainkan juga bisa menjadi cara mencegah kanker rahim sedini mungkin.
 
2. Jaga Asupan Lemak
 
Ternyata makanan berlemak bukan sekedar makanan penyebab bisul. Banyak mengkonsumsi makanan berlemak juga akan menyebabkan terganggunya hormon pada wanita dan bisa meningkatkan kadar hormon kortisol. Hal ini dapat mempengaruhi pembentukan kista di bagian ovarium wanita. Oleh karena itu, sebaiknya kamu mengurangi konsumsi makanan berlemak tinggi.
 
3. Perbanyak konsumsi antioksidan
 
Makanan yang tinggi antioksidan sangat bermanfaat untuk mencegah radikal bebas terjadi di tubuh kita, yang dipicu oleh beragam polusi, debu dan paparan bahan kimia lainnya. Bahkan, mungkin kita sudah mengetahui bahwa banyak mengkonsumsi antioksidan juga bisa menjadi cara mengembalikan pigmen kulit yang rusak. Hal ini dikarenakan dengan banyak mengkonsumsi antioksidan, metabolisme dan pergantian sel di tubuh kita bisa berjalan dengan lebih baik. Manfaat ini tidak hanya dirasakan oleh kulit, melainkan juga oleh organ reproduksi kita. Untuk memastikan kebutuhan antioksidan tubuh kita tercukupi, kita bisa memastikan untuk banyak mengkonsumsi sayur dan buah yang juga kaya akan vitamin dan mineral. Bila perlu kamu bisa menambahkan konsumsi suplemen vitamin dan antioksidan untuk membantu memenuhi kebutuhan tubuh akan antioksidan.
 
4. Jaga kebersihan area kewanitaan
 
Kista ovarium bisa juga muncul sebagai bagian dalam siklus menstruasi. Tidak hanya itu, ketika menstruasi kemungkinan untuk timbul iritasi bakteri semakin tinggi sehingga bisa menimbulkan beragam penyakit di kewanitaan, seperti endometriosis dan sindrom ovarium polikistik, yang selanjutnya bisa menyebabkan kista. Oleh karena itu, menjaga kebersihan area kewanitaan, terutama saat sedang dalam siklus menstruasi merupakan hal yang sangat penting. Ketahuilah cara membersihkan kemaluan setelah haid yang benar dan sebaiknya hindari penggunaan sabun antiseptik kewanitaan.
 
5. Segera Program Hamil Setelah Menikah 
 
Setelah kamu menikah sebaiknya tidak menunda kehamilan. Dengan kamu menyegerakan memiliki momongan setelah menikah, maka peluang kamu terkena kista pun semakin kecil. Hal ini berhubungan dengan frekuensi menstruasi dan aktivitas hormone yang bisa berubah ketika kamu hamil.
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
Source: Dokterspkk

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s