Jangan Salah, Ini Tips Memilih Botol Susu Bayi yang Baik

Saat ini memang produk botol susu sangat banyak dengan beragam harga, bentuk, jenis dan juga kualitas yang berbeda. Tapi tahukah bunda Hawa, memilih botol susu bayi memang sepertinya sepele, namun jika moms asal membeli karena harga murah dan tidak memerhatikan kualitas, maka bisa berisiko bagi kesehatan Si kecil lho. Untuk itu bunda wajib tahu bagaimana cara memilih botol susu yang tepat dan berkualitas baik untuk bayi.

 
 
1. Tidak Mengandung BPA 
 
Hal penting lainnya, pilih botol susu yang aman, yaitu yang tidak mengandung BPA (bispenol A) yaitu bahan beracun yang dapat menyebabkan berbagai gangguan kesehatan dan fungsi otak. Selain itu, pilih botol susu yang No Spill Cups yang dilengkapi dengan katup penutup dan sudah dipatenkan.
 
2. Menyerupai Puting Ibu 
 
Kenyamanan merupakan hal penting bagi bayi saat ia sedang menyusui. Jadi pilihlah dengan cermat botol susu yang memiliki mengikuti tekstur payudara Ibu yang lembut sehingga menciptakan pengalaman menyusui yang menenangkan.
 
3. Material Aman dan Kualitas Baik 
 
Ketika ingin membeli botol susu, perhatikan material yang digunakan botol susu tersebut. Pastikan botol susu memiliki tekstur yang lebih kuat dibandingkan silicone, tahan lama, dan lebih mudah untuk dibersihkan / disterilisasi.
 

 
4. Tahan Panas
 
Pilihlah botol susu yang tahan panas hingga 180 derajat sehingga tidak akan melukai bunda atau Si kecil. 
 
5. Nyaman Bagi Bayi
 
Seperti apa botol susu yang nyaman bagi bayi? Tentunya botol susu yang mudah digenggam untuk membantu transisi antara botol dan cup. Ini penting untuk diperhatikan, agar Si kecil dapat dengan mudah saat menyusu dan tanpa kerepotan bagaimana ia menggenggam botol susu.
 

 
Bagaimana cara mencuci botol susu yang tepat? 
 
– Cuci botol sebelum digunakan pertama kali dan setelah digunakan dengan menggunakan sabun pembersih khusus bayi.
– Jika ingin melakukan sterilisasi dengan cara direbus tidak boleh lebih dari 30 detik.
 
Tahukah Bunda, setiap tahun 1,5 juta anak balita meninggal dunia akibat diare, membuatnya menjadi penyebab kematian terbesar kedua pada anak balita. Di Indonesia, menurut hasil Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) Tahun 2007, diare menjadi penyebab kematian 31,4% bayi berusia 29 hari hingga 11 bulan. Salah satu penyebab terbesar diare pada bayi adalah kesalahan mencuci botol susu bayi . 
 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s