Penting! Jangan Abaikan Penyebab Nyeri Haid Ini

Nyeri haid dapat disebabkan oleh beberapa hal. Mulai dari yang normal, hingga yang tidak normal dan memerlukan penanganan dokter. Berikut ini adalah kemungkinan penyebab nyeri haid yang perlu kamu ketahui.
 
1. Polycystic Ovarian Syndrome (PCOS)
 
Seseorang yang mengidap PCOS ditandai dengan siklus haid yang tidak teratur. Selain itu, penderita PCOS dapat mengalami pertumbuhan rambut yang berlebihan pada tubuh. Penyakit ini dapat menyerang wanita pada masa subur dengan kisaran usia 16-24 tahun.
 
2. Radang Panggul
 
Organ-organ reproduksi dapat mengalami infeksi yang mengakibatkan nyeri dan peradangan pada panggul (Pelvic Inflammatory Disease). Infeksi ini dapat terjadi sebagai komplikasi dari penyakit menular seksual.
 
3. Endometriosis
 
Endometriosis terjadi karena adanya pertumbuhan sel-sel rahim di luar organ rahim seperti tuba falopi atau ovarium. Dokter mungkin akan menangani penyakit ini dengan melakukan operasi.
 
4. Adenomiosis
 
Adenomiosis terjadi karena adanya pertumbuhan lapisan rahim hingga mencapai otot dinding rahim. Pertumbuhan ini tidak normal dan dapat menyebabkan nyeri yang tidak biasa hingga mengganggu rutinitas kamu.
 
5. Fibroid Rahim
 
Fibroid adalah tumor jinak yang tumbuh di dalam rahim. Tumor yang bertambah besar akan memberikan tekanan pada rahim. Penyakit ini dapat menyerang wanita dengan kisaran usia 40-50 tahun.
 
 
 
 
 
 
Source: OkayDoc

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s