Cara Mengatasi Rasa Sedih Setelah Ditinggal Orang Terkasih

Rasa sedih dan berduka wajar muncul akibat kehilangan orang yang sangat dekat dengan kehidupan sehari-hari. Rasa sedih biasanya muncul setelah cemas, tidak berdaya, dan marah karena ditinggalkan orang terkasih.
 
Dikutip dari situs National Health Security (NHS), emosi tersebut adalah hal normal yang akan berlalu dengan sendirinya. Rasa kehilangan biasanya akan mempengaruhi kehidupan setiap hari hingga 18 bulan, meski dalam beberapa kasus ada yang perlu waktu lebih banyak atau sedikit. Beberapa orang ada yang bisa mengatasi perasaan sedih sendiri, namun ada juga yang perlu bantuan terapis atau dukungan lingkungan sekitar.
 
Hingga saat ini, tidak ada cara cepat untuk bangkit dari perasaan sedih usai kehilangan. Perasaan tersebut tak perlu ditaklukkan dengan alkohol atau obat terlarang. Rasa sedih akan kembali mungkin dengan intesitas lebih kuat setelah efek alkohol dan narkoba hilang. Selama rasa kehilangan masih menggelayut, ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengembalikan kondisi mental. 
 
Yang pertama tidak perlu malu merasa sedih dan mengekspresikan perasaan tersebut. Rasa sedih yang diekspresikan melalui pembicaraan dengan teman, keluarga, dan tenaga kesehatan memudahkan proses penyembuhan serta move on. Hal selanjutnya adalah melakukan aktivitas sederhana yang mampu mengalihkan rasa sedih. Misal, memberi makan atau jalan dengan anjing peliharaan. 
 
Bila merasa lelah usai mengekspresikan kesedihan, tak perlu ragu untuk tidur atau beristirahat sejenak. Hal lain yang perlu dilakukan adalah menjaga kecukupan nutrisi meski sedang bersedih. Keseimbangan nutrisi membantu proses pemulihan emosi hingga kembali seperti semula. Orang yang sedang berduka perlu konsultasi ke tenaga kesehatan jika tak bisa tidur, tidak doyan makan, atau merasa tak sanggup menjalani aktivitas harian. 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
Source: Detikhealth

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s