Punya Kista Tetap Bisa Hamil Asalkan……

Kehadiran kista selalu diklaim menjadi penyebab sulitnya memiliki keturunan. Ternyata hal ini tidak sepenuhnya benar lho Sahabat Hawa. Harapan untuk memiliki momongan tetap bisa bagi penderita kista. Sulit hamil seperti kista ini memang selalu menjadi kendala. Kehamilan masih bisa terjadi meskipun dengan kemungkinan yang tidak terlalu besar. Namun yang perlu di noted adalah bahwa penderita kista juga tetap bisa hamil. Asalkan perhatikan hal berikut.
 
1. Kista Ovarium
 
Sulit hamil akibat mengalami kista ovarium memang membuat nyali untuk memiliki momongan jadi ciut. Namun kehadiran kista ini sebenarnya masih bisa ditangani dengan segera agar tidak semakin membesar. Kista > 5 cm biasanya membutuhkan pengangkatan dengan cara operasi untuk menghilangkannya. Namun ada beberapa kista yang tak perlu penanganan khusus tergantung seberapa besar dan membahayakannya kista tersebut. Tetap konsultasikan pada dokter untuk menentukan langkah apa yang akan dilakukan selama kista ini masih ada.
 
2. Pengangkatan Kista
 
Sulit hamil karena kista harus dilakukan operasi pengangkatan kista. Namun bila ukuran kista sudah sangat besar dan membungkus ovarium maka biasanya dokter akan melakukan tindakan pengangkatan ovarium untuk dipertimbangkan bersama. Wanita sendiri memiliki 2 ovarium sehingga jika terpaksa kista membungkus ovarium maka akan diangkat 1 ovarium yang terkena kista. Meski begitu, ovarium 1 lagi masih dapat berfungsi. Artinya, penderita kista pun masih memiliki potensi untuk hamil selama ovariumnya sehat.
 
3. Kesuburan 
 
Wanita cenderung akan mengalami masalah pada kesuburan apabila dilakukan pengangkatan pada ovariumnya. Untuk itu senantiasa berkonsultasi sebelum dan sesudah dilakukannya operasi kista agar dapat terus dipantau kapan sekiranya rahim siap dibuahi dan siap untuk menampung bakal janin. Kesuburan ini dipengaruhi oleh hormon dan hormon ini juga berpengaruh terhadap stress. Meminimalir stress atau melakukan manajemen stress sangatlah penting setelah dilakukannya pengangkatan kista.
 
4. Kista Tanpa Operasi
 
Untuk beberapa kasus ada kista yang dapat mengecil tanpa perlu diobati serius. Namun bila kondisi kista semakin membesar tentu berisiko dan biasanya dokter memberi pilihan penanganan misalnya dengan obat ataupun operasi pengangkatan kista. Bila kista sudah yakin benar tidak ada atau kondisi rahim bersih dan sehat, selalu upayakan pola hidup sehat, olahraga, makan sehat sepeti buah sayur, dan hindari stress.
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
Source: Berbagai Sumber

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s