5 Bahan Dapur Ini Bisa Bersihkan Komedo yang Membandel

Komedo masih menjadi masalah yang banyak dialami Sahabat Hawa, terutama di area hidung yang sangat mengganggu penampilan. Komedo sendiri terdiri dari 2 jenis yaitu komedo berwarna putih (white heads) dan komedo yang berwarna hitam (black heads). Mau tahu cara perawatan wajah untuk menghilangkan komedo di rumah dengan mudah dan tanpa repot? 
 
1. Menguap Wajah
 
Gunakan alat yang terbuat dari stainless steel untuk menghilangkan komedo. Caranya, hadapkan wajah pada uap air panas untuk membuka pori-pori pada wajah. Sebelumnya, panaskan air hingga mendidih, kemudian letakan handuk besar di atas kepala seperti membuat tenda.
 
2. Masker Putih Telur
 
Menggunakan masker putih telur juga bagus untuk perawatan wajah dan untuk membersihkan komedo di rumah. Cukup menyiapkan putih telur lalu oleskan pada wajah. Namun sebelumnya harus membersihkan wajahmu ya. Setelah dioleskan, diamkan hingga masker mongering. Kemudian gosok secara perlahan sampai komedo terangkat. 
 
3. Pasta gigi dan garam
 
Selain untuk menggosok gigi, pasta gigi juga bisa menghilangkan komedo. Pertama-tama bersihkan wajah dengan air hangat untuk membuka pori-pori kulit wajah. Untuk membuat masker pasta gigi, campurkan pasta gigi mint dengan ¼ sendok teh garam, aduk merata. Oleskan ke bagian hidung yang berkomedo, diamkan 5 menit. Pijat secara perlahan dengan jari kemudian bilas hingga bersih.
 
4. Jeruk nipis
 
Jeruk nipis kaya akan anti-oksidan dan vitamin C yang dipercaya untuk perawatan wajah seperti mengangkat sel kulit mati. Dengan manfaatnya mengangkat sel kulit mati inilah, jeruk nipis dipercaya sebagai cara menghilangkan komedo hitam secara alami. Dengan memeras jeruk nipis kemudian perasan air jeruk nipis dapat dioleskan pada area wajah yang berkomedo dan diamkan selama 15 menit. Mudah bukan?
 
5. Baking Soda
 
Baking soda atau soda kue yang biasanya dijadikan bahan untuk membuat kue ternyata juga bisa untuk menghilangkan komedo, lho. Caranya, campurkan baking soda dengan sedikit air. Kemudian, aduk rata hingga berbentuk pasta. Pada hidung yang sudah dibersihkan, oleskan adonan baking soda dan pijat dengan lembut. Lakukan gerakan memutar hingga beberapa saat. Kemudian diamkan selama 20 menit dan bilas dengan air hangat. Ulangi setiap 1 minggu sekali.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s